Universitas Islam Al Azhar

Unizar dan STMIK Anjani Berkolaborasi Jalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi

MATARAM – Universitas Islam Al-Azhar (Unizar) dan STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani berkolaborasi menjalankan Tri Dharma Perguruan. Kolaborasi itu dibuktikan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) menyangkut informasi dan teknologi, berlangsung di GA 8 Kampus Unizar, Senin 25 Januari 2021.

Rektor Unizar, Muh. Ansyar menyambut baik kolaborasi itu karena merupakan tuntunan dalan Tri Dharma Perguruan untuk saling mendukung di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Ansyar mengaku, saat ini Kampus Unizar belum memiliki program studi Informasi dan Teknologi (IT) namun kedepan sudah ada rencana karena IT itu merupakan kebutuhan.

“Apapun yang kita mau kerjakan saat ini butuh IT, di tambah lagi di masa pandemi, tenaga IT sangat penting dan sangat dibutuhkan untuk mendukung kegiatan perkuliahan,” ungkapnya.

Dalam waktu dekat ini lanjut Ansyar, Unizar akan rekrut tenaga IT muda untuk mendukung kegiatan di Universitas.

“Setiap Fakultas harus di hendel orang IT handal agar Civitas akademik bisa saling bertukar pikiran, ditambah tuntutan Kampus Merdeka yang harus dijalankan secara online,” kata dia.

Ansyar menambahkan, jumlah tenaga pengajar di Unizar sebanyak 124 orang dengan jumlah mahasiswa sebanyak 3000 orang lebih. Hal ini dituntut untuk bisa saling memberikan informasi berkaitan dengan proses belajar mengajar.

“Intinya, perlu memperkuat kolaborasi memajukan kampus dan daerah,” ujarnya.

Disatu sisi, Wakil Ketua I STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani, Drs H Marzuki Adam, sedikit memaparkan terkait tahun berdirinya STMIK yakni tahun 2006, dilengkapi dua program studi seperti teknik informatika dan sistem informasi. Sehingga, bisa dikatakan sangat muda dan masih membutuhkan dukungan.

“Jumlah tenaga pengajar kami 42 orang. Sedangkan mahasiswa sebanyak 475 orang, jelas kami butuh dukungan dan bimbingan dari Unizar,” kata dia.

Dia mengaku, masih kurang dalam hal pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya menyangkut pembelajaran, pengabdian kepada masyarakat, disebabkan kurangnya tenaga pendidik, sehingga butuh bimbingan.

Adapun yang hadir pada acara tersebut Wakil Rektor I Unizar, Dr. Drs. H. Sahar, SH., MM, kemudian Wakil Rektor II Unizar, Siti Ruqayyah, dan Kepala BPM Unizar, M Fathurrahman. Serta hadir juga dari perwakilan STMIK NW Anjani.

Foto : Sesi Serah Terima MoU dan Perjanjian Kerjasama oleh Dr. Ir. Muh. Ansyar, MP selaku Rektor Universitas Islam Al-Azhar dengan H. Marzuki Adami selaku Wakil Ketua STMIK Syaikh Zainuddin NW

Untuk diketahui, proses penandatanganan MoU dan PKS berjalan lancar dengan mengedepankan protokol kesehatan. (HMS)

Leave a Comment