Universitas Islam Al Azhar

Rektor Universitas Islam Al-Azhar Lepas Mahasiswa yang akan Mengabdi ke Masyarakat

MATARAM, – Rektor Universitas Islam Al-Azhar, Dr. Ir. Muh. Ansyar, MP, melepas para Mahasiswa/Mahasiswi yang akan mengabdi ke masyarakat di Desa Mekarsari, Kecaman Narmada, Lombok Barat dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun akademik 2020/2021.

Sebelum melepas para Mahasiswa/Mahasiswi, Ansyar berpesan supaya menjaga nama baik Universitas. Selain itu, menjaga protokol kesehatan Covid-19.

“Jangan sampai pulangnya membawa virus. Namun Insya Allah, kegiatan pengabdian ini aman terkendali,” ungkapnya, Kamis 11 Februari 2021, di Kampus Unizar Mataram.

Ansyar juga berpesan agar para Mahasiswa dan Mahasiswi selama satu bulan, di mulai 11 Februari hingga 13 Maret 2021, supaya bekerja membantu pemerintah desa dalam penataan desa khusunya desa Wisata yang ada disana karena, desa wisata itu merupakan desa wisata binaan Unizar.

Selain itu, bantu pemerintah desa untuk mensosialisasikan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan mengedepankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

“Selamat jalan, dengan ini kami resmi melepas kegiatan pengabdian ini,” kata dia.

Ansyar menegaskan, pada KKN tahun berikutnya, akan kerahkan mahasiswa untuk membantu pelaksanaan program Desa Mekarsari yang sudah ditetapkan sebagai Desa Wisata oleh Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif.

Kepala Desa Mekarsari, Sapinah menyambut baik kedatangan program KKN karena, keberadaan program KKN ini telah banyak membantu desa baik dalam penataan pemerintah maupun lingkungan.

Sapinah memaparkan, Desa Mekarsari berdiri tahun 2011 yang merupakan pemekaran Desa Dasan Tereng, dan perbatasan Kota Mataram dengan Lombok Barat.

Desa ini lanjutnya, banyak kekurangan sehingga harus di kejar untuk menyamai desa lainnya. Namun, keberadaan program KKN Unizar ini sangat membantu dalam hal membangun desa lebih baik kedepan.

Terlebih, Visi-Misi desa yakni, menjadikan desa digital dan wisata yang merupakan ide dari masyarakat, sehingga dirinya berjuang semaksimal mungkin, supaya apa yang menjadi harapan masyarakat bisa terlaksana.

“Masyarakat merasa terbantu dengan adanya desa wisata yang dicetuskan Unizar,”ujarnya.

Disatu sisi, Ketua Kelompok II KKN Unizar Tahun Akademik 2020/2021, Didi Satria Putra, mengatakan, selama mengabdi di masyarakat, dirinya akan membantu pemerintah dalam hal sosialisasi protokol kesehatan dengan cara membagikan masker, mengarahkan masyarakat jaga kesehatan dan cuci tangan.

Selain itu, ada rencana membuat sabun kersen yang bahannya juga dari Kersen, untuk dipergunakan oleh masyarakat mencegah penyebaran Covid-19. (HMS)

Leave a Comment