Universitas Islam Al Azhar

Bupati Bangli dengan Universitas Islam Al-Azhar teken MoU Tridharma Perguruan Tinggi

BANGLI,- Bupati Bangli, Provinsi Bali, Sang Nyoman Sedana Arta, SE dengan Rektor Universitas Islam Al-Azhar, Dr. Ir. Muh. Ansyar, MP teken Memorandum of Understanding (MoU), atau kesepakatan terkait Tridharma Perguruan Tinggi (bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat), berlangsung di Rumah Jabatan, Jalan Lettu Kanten, Bangli, Sabtu 5 Juni 2021.

Hadir pada acara itu, Ketua Yayasan Pesantren Luhur Al-Azhar Mataram, Ir. Nanang Samodra, KA, M.SC, Wakil Rektor I Unizar, Dr H Sahar, Direktur RSU Bangli, dr I Nyoman Arsana, M.Kes, dan jajaran RSU serta pejabat lingkup Kabupaten Bangli, mengedepankan protokol kesehatan.

Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta sangat bersyukur Unizar sudah melakukan kerjasama dengan RSU Bangli karena semua itu sangat baik dan banyak manfaat.

“Mudahan kedepannya hubungan ini semakin erat, bisa saling memberikan manfaat bagi kedua belah pihak,” ungkapnya.

Sang Nyoman Sedana Arta menjelaskan, programnya yakni melakukan perbaikan infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM) karena, pendidikan khususnya bidang kesehatan sesuatu yang tidak mudah diraih dan didapatkan, tentu dalam perjalanan secara pribadi sangat serius ingin membuat Kabupaten Bangli menjadi Kabupaten Pendidikan, Kesehatan dan Olahraga.

“Kami sudah sudah mengajukan proposal untuk pembangunan gedung pelayanan Kesehatan, Pendidikan dan Olahraga. Tentu didalamnya ada alat kesehatan,” tuturnya.

Sang Nyoman Sedana Arta berharap, mudahan Unizar semakin fokus melakukan pendidikan bidang kesehatan di Bangli.” Kami sangat well come dan apresiasi keseriusan Unizar. Jika ada kekurangan, mari kita perbaiki, demi masyarakat,” ujarnya.

Ketua Yayasan Pesantren Luhur Al-Azhar, Ir H Nanang Samodra, merasa bangga kepada Bupati Bangli yang mempunyai konsep bagus ingin membuat perubahan daerahnya.

“Mendengar pemaparan pak Bupati, saya membayangkan Kabupaten Bangli ini mirip Sangapur. Karena, pemaparan konsep ingin menjadikan Kabupaten Bangli sebagai Kabupaten Pendidikan, Kesehatan dan Olahraga itu cukup detail serta luar biasa,” kata Nanang Samodra.

Mengenai kerja sama kata Nanang Samodra, adalah kelanjutan kerja sama sebelumnya. Nanang Samodra mengaku, Unizar melangkah sampai ke Bangli karena kerja sama di Mataram sedikit rumit sulit. Hal itu membuat Dekan Fakultas Kedokteran sarankan membangun kerja sama ke Bangli.

“Satu hal yang membuat kami sangat terkesan di Kabupaten Bangli, dari pengakuan para mahasiswa yang melakukan program pendidikan profesi dokter, mereka disini merasa sebagai manusia karena sikap dokter disini sangat ramah dan mau berbagi ilmu,” cetusnya.

“Mudahan kerjasama ini berlanjut dan masyarakat bisa menikmati manfaatnya,” kata Nanang Samodra.

Untuk diketahui, selain pemandangan MoU Tridharma Perguruan Tinggi antara Rektor Universitas Islam Al-Azhar dengan Bupati Bangli. Dilakukan juga dan Perjanjian Kerja Sama (PKS), program pendidikan profesi dokter antara Direktur RSU Bangli, dr I Nyoman Arsana, M.Kes, dengan Dekan Fakultas Kedokteran Unizar, Dr.dr.H. Artha Budi Susila Duarsa, M.Kes.

Seusai penandatanganan MoU dan PKS, para pihak mengabadikan momen tersebut dengan foto bersama. (HMS)

Leave a Comment