Universitas Islam Al Azhar

Inkubator Bisnis Teknologi UNIZAR lakukan Pendamping SPP-PIRT 18 Tenant Binaannya

Mataram, – Inkubator Bisnis Teknologi UNIZAR (ITe) Universitas Islam Al-Azhar melakukan pendampingan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-PIRT) terhadap 18 Tenant binaannya, berlangsung Selasa 28 September 2021 berlokasi di Hotel Lombok Plaza, Mataram, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Mataram dan Balai Besar POM Mataram.

Pelatihan dan pendampingan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) ini, untuk keamanan pangan DAK non Fisik POM dalam hal membuat Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-PIRT).

Tenant tersebut diberikan materi tentang Undang-Undang Kesehatan Pangan, Labelling, dan Kemasan Produk. Menyangkut materi Pedoman Cara Produksi Pangan Olahan Yang Baik (CPPPB) untuk Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) dilakukan oleh Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Materi yang diajarkan khususnya post-test, bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan peserta dan tingkat pemahaman pasca pelatihan,” ungkap Ketua ITe UNIZAR, Dr. Ir. Sri Sustini, MM.

Dikatakan Sri Sustini, pelatihan dan pendampingan ini, bagi peserta yang memenuhi persyaratan, maka akan mendapatkan Sertifikat bersifat seumur hidup. Dimana, sertifikat ini dapat digunakan untuk pembuatan izin edar usaha Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT).

Pasca pelatihan ini lanjutnya, ITe UNIZAR, berkomitmen untuk tetap melakukan pendampingan terhadap Tenant yang mendapatkan Sertifikat Penyuluhan maupun yang belum, untuk memperoleh Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga. (HMS)

Leave a Comment