Universitas Islam Al Azhar

UNIZAR dengan Unikom, UMP dan Unma teken MoU Tridharma Perguruan Tinggi

BANDUNG,- Universitas Islam Al-Azhar (UNIZAR) dengan Universitas Komputer Indonesia (Unikom), Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dan Universitas Majalengka (Unma), teken Memorandum of Understanding, terkait Tridharma Perguruan Tinggi yang didalamnya meliputi Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Untuk Unikom, menyangkut aktivitas akademik menyangkut seminar, konferensi, dan workshop, baik nasional maupun internasional, berlangsung di Grand Meeting Lantai 15, Smart Building, Bandung Jawa Barat, Senin 25 Oktober 2021, di hadiri oleh para pejabat kedua Kampus.

Rektor Universitas Komputer Indonesia, Prof. Dr. ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T mengatakan dirinya sangat bahagia bisa bertemu sahabat, Rektor Dr. Ir. Muh. Ansyar, MP beserta jajarannya untuk melaksanakan penandatanganan MoU dan MoA, menurut Eddy tentu saja apa yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi guna membangun kompetensi Perguruan Tinggi, serta pengetahuan sekaligus mengimplementasikan kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang seluruh Perguruan Tinggi saat ini mulai bergerak melakukannya.

Eddy menjelaskan, Unikom dan UNIZAR akan membangun sistem pertukaran Dosen dan Mahasiswa sesuai dengan semangat dari Kampus Merdeka. Kolaborasi dapat dilakukan melalui Seminar Nasional maupun Seminar Internasional Yang dilakukan bersama, kemudian Riset dan membangun kerja praktik baik di industry maupun di Masyarakat luas.

Eddy menuturkan, Unikom memiliki 32 Jurnal dan 20 diantaranya sudah terakreditasi SINTA. Unikom juga memiliki 10 Jurnal Internasional hal itu tentu saja dapat dimanfaatkan bersama.

Di usia 21 Tahun lanjut Eddy, Unikom memiliki tujuh Fakultas, dan 28 Program Studi kita memiliki Pasca Sarjana dengan 3 Program Studi dan 25 Program Studi ada di Program Sarjana maupun Diploma Unikom.

Eddy berharap bahwa kerjasama yang sudah terjalin dan hubungan baik secara pribadi antara dirinya dan Rektor UNIZAR dapat memberikan nilai yang baik bagi Unikom dan UNIZAR. “Semoga apa yang akan kita lakukan ini memperoleh Rahmat Hidayat dan karunia dari Allah SWT.”ungkapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Islam Al-Azhar, Dr. Ir. Muh. Ansyar, MP berterima kasih atas nota kesepahaman ini untuk memajukan Kampus, sesuai tuntutan kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang harus di implementasikan.

Bentuk implementasi itu lanjut Ansyar, saat ini Unizar dan Unikom sedang melaksanakan kegiatan pertukaran Mahasiswa Merdeka tahun 2021. Dimana ada seorang mahasiswa atas nama Reza Setiawan yang belajar mengambil beberapa mata kuliah semester ganjil tahun akademik 2021/2022 di Unikom.

“Semoga kerjasama ini dapat berjalan seterusnya dan saling menguntungkan,” tutupnya.

Kegiatan yang sama juga, hari Senin tanggal 25 Oktober 2021 dilangsungkan penandatanganan MoU antara UNIZAR dengan Universitas Majalengka (Unma), di Gedung Auditorium Universitas Majalengka, Jl. KH. Abdul Halim No. 103, Majalengka, Jawa Barat, oleh Rektor Universitas Majalengka (Unma) , Prof. Dr. H. Sutarman, M.Sc dan Rektor Universitas Islam Al-Azhar (UNIZAR), Dr. Ir. Muh. Ansyar, MP , tentang Tridharma Perguruan Tinggi menyangkut pengembangan Sumber Daya Manusia,
Pengembangan Kelembagaan, Pemanfaatan dan Pengembangan Sistem Teknologi, Informasi, dan Komunikasi dan berbagi sumberdaya yang dimiliki para pihak.

Hari Selasa tanggal 26 Oktober 2021, UNIZAR juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), berlangsung di Ruang Sidang, Gedung Rektorat Lantai 2, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Jl. KH. Ahmad Dahlan, Kembaran, Purwokerto, Jawa Tengah. Dihadiri Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) , Dr. Jebul Suroso, S.Kp., Ns., M.Kep dan Rektor Universitas Islam Al-Azhar (Unizar), Dr. Ir. Muh. Ansyar, MP beserta jajarannya. Menyangkut pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, kemudian bidang Pendidikan, Penelitian dan Bidang Pengabdian kepada masyarakat. (HMS)

Leave a Comment