Universitas Islam Al Azhar Mataram

Dalam Upaya Meningkatkan Hubungan Kelembagaan, Unizar Melakukan Benchmarking ke Unissula

Semarang – Pada hari Senin, 6 Juni 2022, telah dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor Universitas Islam Al-Azhar (Unizar), Dr. Ir. Muh Ansyar, M.P, dengan Rektor Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, Prof. Dr. Gunarto, S.H., M.Hum. Penandatanganan MoU dilakukan di Ruang Meeting Biro Rektor Lantai 2 Unissula. Perjanjian kerjasama ini terkait dengan “IMPLEMENTASI TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI”. Ini adalah salah satu bentuk benchmarking (external) yang dilakukan pihak Unizar untuk meningkatkan kualitas Universitas dalam mengimplementasikan proses pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat.

Rektor Unizar (kanan) dan Rektor Unissula (kiri) menandatangani MoU Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi

Adapun alasan pihak Unizar memilih Unissula sebagai tujuan benchmarking disebabkan oleh beberapa hal yang fundamental. Tentu saja alasan utama adalah karena Unissula dan Unizar sama-sama Universitas yang mengusung nilai-nilai keislaman sebagai pondasi Perguruan Tinggi. Di samping itu, Unissula merupakan Universitas terkemuka di Indonesia yang telah meneguhkan diri sebagai World Class Islamic University. Unissula secara konsisten mengembangkan 4 (empat) strategi pendidikan yang menjadi ciri khas keunggulan diantara ribuan Universitas di Indonesia. Apa saja keempat hal tersebut?

Pertama, Unissula mengembangkan Budaya Akademik Islami (BudAi) dalam aktivitas pembelajarannya guna membangun karakter mahasiswa agar menjadi pribadi yang berakhlaqul karimah dan memiliki kompetensi sesuai bidangnya masing-masing. Kedua, Unissula memperkuat kompetensi bahasa internasionalnya: baik bagi dosen, tenaga kependidikan, maupun mahasiswa. Selain bahasa Inggris, bahasa yang juga diajarkan di kampus ini adalah bahasa arab dan bahasa korea. Ketiga, Unissula membangun Jaringan Pendidikan Internasional. Kerjasama pendidikan yang telah dijalankan antara lain dengan Rotterdam University (Belanda), Nantes University (Perancis), BICOL University, University of Philippines (Manila), UERMMMC (Manila), Dongseo University (Korea Selatan), Changwon National University (Korea Selatan), Vellore Institute of Technology (India), dan masih banyak lagi. Keempat, memiliki empat kluster studi unggulan yang ditunjang oleh fasilitas yang memadai. Keempat kluster tersebut adalah kluster kesehatan, kluster teknik, kluster sosial, dan kluster pendidikan.

Dengan berbagai keunggulan kompetitif yang dimiliki Unissula tersebut, pihak Unizar bisa banyak belajar dan semoga bisa menjadi salah satu kampus swasta berbasis nilai-nilai Islam terbaik, baik dalam lingkup regional – Nusa Tenggara Barat, maupun nasional – Indonesia. Harapan jangka panjang tentu saja sampai di lingkup Internasional.

Hadir pula mendampingi Rektor Universitas Islam Al-Azhar, yaitu Dekan Fakultas Teknik Unizar, H. Lutfi, S.T., M.T. Di pihak lain, Rektor Universitas Islam Sultan Agung Semarang didampingi oleh Dekan Fakultas Teknik Unissula, Ir. H. Rachmat Mudiyono, M.T., Ph.D. Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dilakukan oleh Dekan Fakultas Teknik Unizar dengan Dekan Fakultas Teknik Unissula tentang “PENINGKATAN HUBUNGAN KELEMBAGAAN DALAM PELAKSANAAN TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI”. (AP/Humas)