Universitas Islam Al Azhar Mataram

18 Tahun Berkiprah sebagai Institusi Pendidikan Kedokteran, FK Unizar Sukses Menggelar MedFis 2022

Mataram – Berkiprah selama 18 tahun dalam dunia pendidikan secara konsisten dan terus berkembang tentu bukanlah perihal mudah. Fakultas Kedokteran Universitas Al-Azhar (FK-Unizar) telah membuktikan keunggulan dan kemampuannya dalam hal tersebut. Mengusung tema “With Heart and Professionalism, We Grow”, FK-Unizar mengadakan Medical Fiesta (Medfis) 2022.

Acara ini telah berlangsung sejak bulan Maret 2022 hingga acara puncak closing ceremony yang dilaksanakan pada hari Minggu (19/6) di Ruang Teater Unizar secara tatap muka. Hadir dalam acara tersebut, Dr. Ir. Muh. Ansyar, M.P (Rektor Unizar), Dr. Drs. Sahar, S.H., M.M (Wakil Rektor I Unizar), Siti Ruqayyah, S.Si., M.Sc (Wakil Rektor II Unizar), para Dekanat, para pejabat struktural FK-Unizar, sejumlah dosen, mahasiswa, alumni, tenaga kependidikan, dan para pemenang lomba Medfis 2022.

Ketua panitia Medfis 2022, dr. Hardinata, S.Ked, melaporkan bahwa Medfis ini merupakan momen berharga bagi dosen dan mahasiswa serta alumni agar bersatu padu untuk memajukan FK-Unizar. Hal ini yang menjadi slogan dari Medfis 2022, yaitu sparkling-18 atau kemilau-18 tahun. 

“Selama 3 bulan berlangsungnya event Medfis ini, ada 12 lomba yang telah kita selenggarakan, baik dari skala lokal, regional, dan nasional dalam menyambut HUT FK-Unizar yang ke-18. Medfis Idol merupakan icon dari Medfis 2022 dengan jumlah pendaftar terbanyak dari semua mata lomba. Tema Medfis kali ini menggambarkan emosi positive vibes yang membawa FK-Unizar makin terpandang dan berwibawa. Kegiatan ini juga mampu meningkatkan kolaborasi dosen, mahasiswa, karyawan, dan alumni sehingga memperat interaksi civitas akademika FK-Unizar,” tegas dr. Nata, sapaan akrab ketua panitia Medfis 2022.

Dekan FK-Unizar, Dr. dr. H. Artha Budi Susila Duarsa, M.Kes, menyampaikan rasa bangganya kepada semua civitas akademika FK-Unizar yang telah berkolaborasi dan partisipasi dalam perayaan Medfis 2022.

“Delapan belas tahun tentu usia yang sudah cukup dewasa walaupun masih tahapan remaja, saat ini FK-Unizar adalah institusi pendidikan kedokteran yang sedang tumbuh dan berkembang, terus maju, semakin diperhitungkan di kancah regional, nasional, bahkan internasional. Tema ulang tahun kita yang ke-18 tahun ini, betul-betul muncul dari lubuk hati yang paling dalam, yang menggambarkan situasi saat ini yang sedang terjadi di FK-Unizar. Core value FK-Unizar by common sense harusnya demikian. Sering saya sampaikan berkali-kali di hadapan para civitas akademika, bahwa tidak bisa kita menginginkan mahasiswa yang profesional, tetapi dosennya tidak profesional. Dosen harus bisa jadi role model. Berikan hati dosen kepada mahasiswanya, maka mahasiswa pun akan memberikan hatinya,” ucap dr. Artha.

Visi dan strategi yang baik tidak akan berjalan tanpa core value yang dimiliki oleh FK-Unizar. Nilai inti ini sesuai dengan prinsip yang diungkapkan oleh Aristoteles: “Educating the mind without educating the heart is no education at all”. Berkaitan dengan hal ini, secara tidak langsung, FK-Unizar dipercaya oleh Asosiasi Fakultas Kedokteran Swasta Indonesia (AFKSI) menjadi tuan rumah Musyawarah Nasional (MUNAS) pada tanggal 1-3 Juli 2022 mendatang dengan tema MUNAS adalah: Back to the Basic, Heart-Based Education as Fundamental Aspect in Medical Education.

“Kebersamaan dan solidaritas kita ini akan membuat FK-Unizar semakin lebih baik lagi, semakin diandalkan,” tutup dr. Artha dalam sambutannya.

Dalam sambutannya, Rektor Unizar, Dr. Ir. Muh. Ansyar, M.P, menyampaikan apresiasinya, “Saat ini, FK-Unizar makin maju dan terus tumbuh berkembang. Indikator kemajuan ini jelas terlihat, diantaranya banyak pelamar dosen yang berminat mengajar di Fakultas Kedokteran Unizar. Kedua, banyak pihak yang ingin bekerja sama dengan FK-Unizar. Ketiga, animo pendaftar mahasiswa baru semakin tinggi dan FK-Unizar menjadi pilihan pertama. Semoga FK-Unizar makin jaya dan diminati oleh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat NTB.”

Acara closing ceremony ini diawali dengan olahraga bersama civitas akademika, kemudian dilanjutkan dengan Games Sehat antara dosen, karyawan, mahasiswa, dan alumni. Kegiatan ini makin mengakrabkan satu sama lain karena kerjasama tim diasah dan jiwa kompetisi sehat terasa dalam setiap games yang diperlombakan. Acara seremonial penutupan Medfis 2022 makin memukau dengan adanya persembahan drama teatrikal Mandalika oleh UKM Seni dan Medvoice FK UNIZAR. 

Penampilan para mahasiswa ini sangat epic dalam memerankan cerita rakyat Putri Mandalika. Hal ini sangat berkaitan erat dengan destinasi wisata di wilayah Mandalika, Lombok Tengah, yang saat ini mendunia dengan keberadaan Mandalika MotoGP International Street Circuit. Hal ini tentunya sesuai dengan visi FK-Unizar yang unggul di bidang kesehatan pariwisata.

Acara dilanjutkan dengan special performance dari para pemenang Medfis Idol 2022, SUC 2022, pemutaran film pendek, dan penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba. Tak kalah serunya adalah penyematan mahkota untuk Putra-Putri FK-Unizar 2022. Tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya karena ada posisi runner up Putra-Putri FK-Unizar. 

Dari hasil penilaian dewan juri dan para penonton, Putu Maheka Wiratama (mahasiswa angkatan 2020) berhasil menduduki posisi runner up Putra FK-Unizar dan Kadek Gita Dwi Hapsary Dwija Putri (mahasiswi angkatan 2021) sebagai runner up Putri FK-Unizar. Juara pertama Putra-Putri FK UNIZAR 2022 diraih oleh Imam Syahrul Fathoni Putra (mahasiswa angkatan 2021) dan I Gusti Agung Komang Lintang Calistha (mahasiswi angkatan 2021).

Piala Dekan Cup 2022 berhasil diraih oleh mahasiswa angkatan 2021 dan supporter terheboh diraih oleh mahasiswa angkatan 2019. Pencapaian ini mampu menciptakan solidaritas dan saling hormat-menghormati antara seluruh pendukung acara, pihak pengelola fakultas, sponsor, dan panitia yang telah menyiapkan kegiatan ini dengan sangat baik dan megah.  

Medical Fiesta 2022 ditutup secara simbolis dengan pemotongan tumpeng oleh Rektor Unizar yang didampingi oleh Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Dekan FK-Unizar, para Wakil Dekan, Ketua Panitia Medfis, dan Penanggung Jawab Acara.

Selamat kepada para pemenang lomba dan sampai jumpa di Medical Fiesta tahun 2023! 

Sumber: fkunizar.ac.id
Editor: AP/Humas