Universitas Islam Al Azhar Mataram

Terus Meningkatkan Kualitas, Unizar Melakukan Benchmarking ke UNR-Bali

Rektor Unizar (kiri) dan Rektor UNR (dua dari kanan) dalam acara penandatanganan MoU tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi

Mataram – Dalam rangka terus meningkatkan kualitas Perguruan Tinggi, Civitas Akademika Universitas Islam Al-Azhar (Unizar) pun tidak tinggal diam. Terus belajar dan bergerak menjalin kerjasama dengan Universitas lain. Kali ini, Universitas Islam Al-Azhar melakukan benchmarking ke Universitas Ngurah Rai (UNR) Denpasar – Bali. 

Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan pada hari Kamis, 31 Maret 2022, oleh Rektor Unizar, Dr. Ir. Muh Ansyar, M.P, dengan Rektor UNR, Dr. Ni Putu Tirka Widanti, SS., MBA., MM., M.Hum, yang bertempat di Universitas Ngurah Rai. Nota kesepakatan ini terkait dengan “TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI”.

Segenap pimpinan Unizar dan UNR berfoto bersama setelah penandatanganan MoU

Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dilakukan oleh Wakil Rektor I Unizar, Dr. Drs. H. Sahar, SH., MM, dengan Direktur Program Pascasarjana Fakultas Hukum UNR, Dr. Nyoman Diah Utari Dewi, A. Par., M.AP, tentang “PENINGKATAN PELAKSANAAN TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI DAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM)”.

Selain itu, MoA juga ditandatangani oleh Dekan Fakultas Hukum Unizar, Dr. Ainuddin, SH., MH, dan Dekan Fakultas Hukum UNR, Dr. I Wayan Putu Sucana, Aryana, SE. SH. MH, tentang “PENINGKATAN PELAKSANAAN TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI DAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA”.

Turut hadir dalam acara penandatanganan MoU dan MoA tersebut adalah Fathurrahman, SE., M.Ak (Wakil Rektor III Unizar), Dr. Ari Wahyudi, SH., MH (Kepala Biro Humas dan Kerjasama Unizar), dan M. Habibullah Aminy, SE., M.EK., MH (Kepala Pusat Karier dan Alumni Unizar).

Pemilihan UNR sebagai tujuan benchmarking tentu disebabkan beberapa hal. Unizar dan UNR berada di wilayah LLDIKTI (Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi) yang sama. Universitas Ngurah Rai adalah Universitas tertua kedua di Bali, bahkan di LLDIKTI Wilayah VIII (Bali, NTB, dan NTT). Universitas Ngurah Rai didirikan oleh Yayasan Jagadhita Denpasar sebagai Badan Hukum Penyelenggara pada tanggal 22 Mei 1979. Tidak terlampau jauh berbeda dengan Unizar, yang Surat Keputusan pembentukannya dikeluarkan oleh Yayasan Pesantren Luhur Al-Azhar pada tanggal 10 Mei 1981.

Seluruh Program Studi pada Fakultas-Fakultas di lingkungan UNR telah memiliki STATUS TERAKREDITASI dengan peringkat B dari BAN-PT (Badan Akreditasi Perguruan Tinggi). Khusus Program Studi Hukum telah terakreditasi A dari BAN-PT, serta memiliki ijin operasional dari Direktorat Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemdikbud.

Perlu diketahui bahwa upaya benchmarking ini dilakukan pihak Unizar sebagai upaya aktif untuk meningkatkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tujuannya adalah untuk menemukan hal-hal yang menjadi “rahasia sukses” dari Universitas Ngurah Rai, serta menerapkannya dalam berbagai aspek di lingkungan Universitas Islam Al-Azhar. Tentu ini bukanlah langkah adopsi, namun adaptasi sekaligus continuous improvement, sehingga dapat membantu mempercepat proses reformasi peningkatan kinerja di lingkungan Unizar. (AP/Humas)