email : info@unizar.ac.id

Berbagi Air Bersih dan Pengobatan Gratis bagi Hewan Ternak, BEM FE Unizar Mengadakan Bakti Sosial selama Tiga Hari di Desa Seriwe - Lombok Timur

UNIZAR.AC.ID, Lombok Timur – Dengan tema “Tebarkan Keperdulian, Ciptakan Kebersamaan”, mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi Universitas Islam Al-Azhar (FE Unizar) mengadakan bakti sosial (baksos) ke Desa Seriwe selama tiga hari, mulai tanggal 20 Juli – 22 Juli 2022. Ada dua dusun yang menjadi fokus area tujuan baksos, yakni Dusun Kaliantan dan Dusun Sengkelok.

Sebagai informasi, Desa Seriwe merupakan salah satu desa di Kecamatan Jerowaru yang berada di Kabupaten Lombok Timur. Desa ini merupakan desa terpencil dengan luas 150 kmyang terdiri dari 8 (delapan) dusun. Desa Seriwe merupakan hasil pemekaran dari Desa Pemongkong yang berdiri pada tanggal l8 November 2011. Sebelum pemekaran, Desa Seriwe masih berada di dalam wilayah Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru. Desa Seriwe adalah desa yang masyarakatnya majemuk, yang notabane adalah pendatang, baik dari Lombok Tengah, Lombok Barat, termasuk luar daerah. Para pemuka masyarakat dan pemuka adatnya disebut dengan Gawah Seriwe.

Turut melepas keberangkatan 36 (tiga puluh enam) mahasiswa peserta baksos di halaman Gedung Rektorat Unizar, pada Rabu siang, (20/7), diantaranya Wakil Rektor I Unizar: Dr. Drs. Sahar, SH., MM.; Wakil Rektor II Unizar: Siti Ruqayyah, S.Si., M.Sc.; Wakil Rektor III Unizar: Fathurrahman, SE., M.Ak.; Kepala Biro Kemahasiswaan Unizar: Ika Yuliana Susilawati, SH., MH.; Kepala Pusat Karier dan Alumni Unizar: M. Habibullah Aminy, SE., M.EK., MH.; Dekan FE Unizar: M. Sayuti, SE., MM.; Wakil Dekan I FE Unizar: Baiq Dewi Lita Andiana, SE., M.App.Com.; Ketua Program Studi (Kaprodi) Ekonomi Pembangunan Unizar: Mimi Cahyani, SE., ME., Ketua Unit Penjaminan Mutu Internal (UPMI) FE Unizar: Ahmad Suhendri, SE., ME.; beserta segenap dosen FE Unizar yang lainnya.

Ketua BEM FE Unizar, Elfan Azhari, mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Kepala Desa Seriwa yang telah menerima kehadiran para mahasiswa ke Desa tersebut.

“Saya mewakili teman-teman dari anggota BEM FE mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas izin dari pak Kades Seriwe yang telah memberikan kami kesempatan untuk menjalankan acara bakti sosial guna merealisasikan program kerja kami dari BEM FE. Dan saya ucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada pak Kades dan masyarakat yang ada di Dusun Sengkelok – Desa Seriwe yang telah menyambut kedatangan kami dengan penuh kehangatan. Saya selaku ketua BEM FE berharap menjadikan kegiatan ini bukan sekedar agenda bakti sosial, melainkan aksi kemanusiaan, dan kami juga akan terus berusaha acara bakti sosial ini terus ada setiap tahunnya sebagai bentuk pengabdian kami para mahasiswa kepada masyarakat,” ungkap Elfan.

Kepala Desa Seriwe, Hudayana, S.Pd., M.Ap., mengungkapkan bahwa acara bakti sosial yang dilakukan mahasiswa BEM FE Unizar ini merupakan sejarah karena baru pertama kalinya ada kegiatan mahasiswa di Dusun Sengkelok, Desa Seriwe.

“Selamat datang di Desa Seriwe, desa yang sederhana, namun berusaha menjadi yang terdepan di Kabupaten. Meski kita berlokasi di pelosok, namun kami tidak kalah dari yang di Kota, karena kita lebih dekat dengan Negara Australia…haha. Saya ucapkan selamat datang kepada mahasiswa-mahasiswi Unizar yang memilih Dusun Sengkelok, Desa Seriwe, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur menjadi lokasi baksos. Hal semacam ini kami harapkan bisa terus dilaksanakan. Bila perlu tiap tahunnya saya berharap mahasiswa-mahasiswi Unizar juga bisa melaksanakan kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata, red) di desa kami. Ini adalah kali pertama kegiatan bakti sosial diadakan di Dusun Sengkelok oleh kampus dan itu adalah BEM FE dari Unizar Mataram. Ini adalah sejarah baru,” sambut Hudayana.

Ada berbagai agenda yang dilakukan selama tiga hari mahasiswa BEM FE Unizar berada di sana, diantaranya bersih-bersih lokasi baksos, sosialiasi kampus dan pembagian buku serta alat tulis ke sekolah sekitar, pengobatan gratis bagi hewan ternak, pembagian air bersih di 3 (tiga) Dusun (Dusun Semerang, Dusun Lendang Pelisak dan Dusun Kaliantan), pembagian bak sampah, dan pemberian pipa pembuangan limbah.

Warga Desa Seriwe sangat terbantu dengan kehadiran para mahasiswa ini ke lingkungan desa mereka. Berikut adalah beberapa ungkapan terima kasih mereka:

“Kami merasa terbantu atas acara yang dilakukan ini. Di samping itu, saya juga merasa nyaman atas kedatangan teman-teman dari BEM FE Unizar yang sangat ramah dan baik. Maka dari itu, kami tidak sungkan untuk menyambut kedatangan teman-teman semua dengan bahagia. Kami berharap acara semacam ini bisa terus diadakan. Sekali lagi terima kasih untuk BEM FE Unizar,” ujar Pak RT.

“Kami merasa terbantu karena kegiatannya langsung menyentuh ke masyarakat. Ada pengobatan hewan, pembagian air gratis, bersih-bersih lingkungan, pembagian tempat sampah, dan pemberian pipa penyaluran limbah. Harapan kami ke depannya, agar bisa kembali melakukan hal semacam ini. Bila perlu mahasiswa-mahasiswi Unizar mengadakan KKN dan kegiatan yang lainnya. Dan saya selaku masyarakat support penuh atas kegiatan ini. Semoga bernilai ibadah bagi teman-teman BEM FE Unizar yang telah dengan tulus melaksanakan baksos ini. Kami mengucapkan banyak-banyak terima kasih,” ungkap Amaq Rita (Datu Adil). (AP/Humas)