email : info@unizar.ac.id

Rektor Unizar dan Jajarannya Menerima Kunjungan Pimpinan Bank Panin Dubai Syariah Cabang Mataram terkait Sosialisasi Tabungan Haji dan Umrah

UNIZAR.AC.ID, Mataram – Bertempat di Gedung Teater Ahmad Firdaus Sukmono Universitas Islam Al-Azhar (Unizar) berlangsung Sosialiasasi Produk Tabungan Haji dan Umrah yang disampaikan oleh pihak PT. Bank Panin Dubai Syariah cabang Mataram, pada Rabu (24/08). Acara dimulai sekitar pukul 10.00 WITA yang dihadiri tidak kurang dari 57 (lima puluh tujuh) peserta. 

Hadir dalam kesempatan tersebut, Rektor Unizar: Dr. Ir. Muh. Ansyar, MP; para Dekan, Wakil Dekan, Kepala Biro, dosen, dan karyawan di lingkungan Unizar; Pimpinan PT. Bank Panin Dubai Syariah cabang Mataram: Aisyah Fahrial; beserta tim sosialisasi yang terdiri dari 4 (empat) orang: Hafil, Nanda, Andika, dan Bayu.

Dalam sambutannya, Rektor Unizar, Dr. Ir. Muh. Ansyar, MP, menyambut baik kunjungan sosialisasi dari pihak PT. Bank Panin Dubai Syariah cabang Mataram.

“Saya menyambut baik kehadiran pimpinan dan tim PT. Bank Panin Dubai Syariah untuk sosialisasi tabungan haji dan umrah. Barangkali di sini ada yang sudah berniat untuk naik haji, insya Allah 50 (lima puluh) tahun ke depan baru ada jatahnya. Nah, kira-kira mungkin ada kiat-kiat yang bisa dilakukan agar hal ini bisa lebih cepat. Begitu juga dengan umrah. Pada hari ini, intinya kita menjalin silaturahim, karena di dalam silaturahim itu ada rejeki,” ujar Muh. Ansyar.

Muh. Ansyar pun menyampaikan harapannya agar kegiatan sosialisasi ini bisa digunakan untuk bertanya-jawab terkait hal-hal yang masih menjadi kendala atau pertimbangan banyak orang terkait waktu tunggu keberangkatan haji dan umrah.

Insya Allah kita semua berminat untuk pergi haji. Tinggal persoalannya adalah bagaimana supaya kita bisa berangkat sebelum ajal menjemput. Waktu tunggunya ini yang semakin hari semakin lama. Menunda sebentar saja bisa memperpanjang waktu tunggu. Oleh karena itu, pada saat ini bisa kita gunakan untuk bertanya jawab terkait hal tersebut.”

Pimpinan PT. Bank Panin Dubai Syariah cabang Mataram, Aisyah Fahrial, sangat berterimakasih atas sambutan dan penerimaan dari Rektor Unizar dan segenap jajarannya.

Pimpinan PT. Bank Panin Dubai Syariah cabang Mataram, Aisyah Fahrial, menyampaikan sambutannya dalam acara Sosialisasi Produk Tabungan Haji dan Umrah di Gedung Teater Ahmad Firdaus Sukmono Unizar, pada Rabu (24/08)

“Kami sangat berterimakasih sekali, karena akhirnya kami dapat bersilaturahmi dengan Pak Rektor, Bapak/Ibu Dosen, dan segenap staf di Unizar ini. Bank Panin Dubai Syariah di Mataram ini sudah ada sejak tahun 2015. Kami, dari Bank Panin Dubai Syariah, pada umumnya sama dengan perbankan lainnya, yakni sebagai mediator. Kami ada produk pembiayaan untuk yang butuh rumah, butuh modal kerja, pembiayaan multiguna juga ada. Namun, kalau yang khusus haji dan umrah, kami yakin tidak semua Bank memiliki fasilitas ini,” jelas Aisyah.

Terkait program pembiayaan haji dan umrah, Aisyah menjelaskan, “Nah, seperti yang disampaikan pak Rektor tadi itu betul. Terlambat kita mendaftar sebulan saja, masa tunggunya itu bisa nambah 5 (lima) sampai 6 (enam) tahun. Jadi, daftar aja dulu, karena semakin lama, maka antriannya akan semakin panjang. Kami hadir memberikan solusi. Bapak/Ibu tidak harus ada dana 25 juta baru bisa daftar haji. Hanya cukup dengan biaya administrasi 800 ribu, maka Bapak/Ibu langsung dapat kursi haji. Setelah itu, ada menabung bulanannya. Hanya setor sebulan 675 ribu jika mengambil jangka waktu 60 bulan atau 5 tahun.”

Hafil, salah seorang dari tim sosialisasi dari PT. Bank Panin Dubai Syariah cabang Mataram, menambahkan bahwa kursi haji yang didapatkan dari biaya awal administrasi 800 ribu bisa digunakan untuk diri sendiri atau juga dihadiahkan untuk keluarga. Sekarang sudah ada kebijakan bahwa kursi haji ini bisa diwariskan ke anaknya yang ditunjuk oleh keluarga. Anaknya tidak harus antri lagi mulai dari nol, tapi melanjutkan kursi yang sudah ada dari almarhum/almarhumah Bapak/Ibunya. 

Berbagai pertanyaan pun hadir mengisi sosialisasi produk tabungan haji dan umrah. Salah satu pertanyaan datang dari Dekan Fakultas Hukum Unizar, Dr. Ainuddin, SH., MH. Beliau menanyakan terkait sejauh mana confidential pihak Bank Panin Dubai Syariah untuk memberikan keyakinan kepada masyarakat, mengingat ada juga instansi lain yang kebijakannya mempengaruhi keberlangsungan program ini, yakni Departemen Agama. Dengan mengetahui hal tersebut, harapannya tercipta kepastian, di samping juga ada aspek keadilan dan kebermanfaatan dari adanya program ini.

Acara berlangsung dengan baik dan lancar dalam suasana yang santai. Sosialisasi produk tabungan haji dan umrah ini pun berakhir sekitar pukul 11.30 WITA. (AP/Humas)