email : info@unizar.ac.id

Civitas Akademika FE-Unizar Menggelar Yudisium Sarjana Strata Satu untuk Prodi Ekonomi Pembangunan dan Akuntansi Tahun Akademik 2021/2022

UNIZAR.AC.ID, Mataram – Bertempat di Gedung Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Islam Al-Azhar (Unizar), telah berlangsung yudisium Sarjana Strata Satu (S1) untuk Program Studi (Prodi) Ekonomi Pembangunan dan Prodi Akuntansi tahun akademik 2021/2022, pada Sabtu (3/9). Yudisium ini dihadiri oleh Dekan FE-Unizar: Muhamad Sayuti, SE., MM; Wakil Dekan I FE-Unizar: Baiq Dewi Lita Andiana, SE., MAc; Wakil Dekan II FE-Unizar: Drs. Pahrudin; Ketua Prodi Ekonomi Pembangunan: Mimi Cahayani, SE., ME; Ketua Prodi Akuntansi: Dr. Triana Lidona Aprilani, ST., M.Ak; Ketua UPMI (Unit Penjaminan Mutu Internal) FE-Unizar: Ahmad Suhendri, SE., ME; Ketua UPPM (Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) FE-Unizar: Hj. Rosita SE., M.Si, dan seluruh dosen FE-Unizar.

Surat Keputusan (SK) yudisium untuk Prodi Ekonomi Pembangunan dibacakan oleh Mimi Cahayani, SE., ME., sedangkan SK yudisium untuk Prodi Akuntansi dibacakan oleh Dr. Triana Lidona Aprilani, ST., M.Ak. Dilanjutkan dengan pengukuhan yudisiawan oleh Muhamad Sayuti, SE., MM selaku Dekan FE-Unizar.

Mr. Say, sapaan akrab Muhamad Sayuti, membuka sambutannya dengan pantun, “Onta berlari sambil mencari minum. Kalau badan sakit, minumlah jamu. Hari ini kalian sudah di-yudisium. Tanda lulus telah mendapatkan ilmu.”

Beliau menambahkan satu pantun pembuka lagi, “Kalung indah dari perunggu. Pipi cantik merah merona. Lama sudah kalian menunggu. Akhirnya sekarang jadi sarjana.”

Selanjutnya, Mr. Say menyampaikan bahwa seusai yudisium akan dilanjutkan dengan wisuda yang insya Allah pelaksanaannya pada bulan Desember mendatang. Yudisium adalah agenda paling penting bagi mahasiwa karena merupakan momen pengukuhan kelulusan setelah memenuhi syarat kelulusan, serta telah menempuh studi selama jangka waktu tertentu. Dengan telah di-yudisiumnya mahasiswa, maka jumlah alumni Fakultas Ekonomi, sejak berdiri di tahun 1984, sejumlah 1.052 orang yang tersebar di seluruh penjuru Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dekan FE-Unizar, Muhamad Sayuti, SE., MM., memberikan sambutan dalam acara yudisium S1 Prodi Ekonomi Pembangunan dan Prodi Akuntansi, pada Sabtu (3/9)

Pada kesempatan tersebut, Mr. Say, mengatasnamakan keluarga besar FE-Unizar, mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh peserta yudisium yang telah menyelesaikan studi dengan baik.

“Kami berharap pengukuhan kelulusan Saudara/i menjadi bekal untuk memperluas ilmu dengan nilai-nilai Islam yang rahmatan lil ‘alamin. Hal ini sesuai dengan visi-misi Fakultas Ekonomi, yaitu menjadi Fakultas yang unggul dan berdaya saing berbasis potensi wilayah dan berlandaskan rahmatan lil’ alamin.”

Dipaparkan pula, saat ini Prodi Ekonomi Pembangunan sedang dalam siklus akreditasi. Karena masa kadaluarsa Prodi Ekonomi Pembangunan akan berakhir pada tanggal 27 Februari 2023. Enam bulan sebelum tanggal tersebut harus sudah diajukan usulan reakreditasi. Sejak dua bulan yang lalu, tim akreditasi di bawah komando Wakil Dekan I berjibaku mengumpulkan dokumen yang terkait dengan akreditasi. Tim solid yang terdiri dari Ahmad Suhendri (Ketua UPMI), Baiq Rizka, Mimi Cahayani, Dara Nida Utami, Bapak Toni, Ibu Lale, Bapak Habib, dan dibantu oleh staf TU (Tata Usaha) yang tidak pernah mengenal lelah.

Alhamdulillah, berkat tim yang solid dan kompak, tak lekang oleh panas, tak lapuk terkena hujan, tak sakit hati terkena sindiran, tak mempan terkena omelan, akhirnya hari Rabu (31/8) menjelang dini hari, pukul 00.00 Wita, dokumen borang berhasil dikirim ke asesor pendamping untuk dinilai. Dalam yudisium kali ini diberikan piagam penghargaan kepada yudisiawan yang berhasil memperoleh nilai cumlaude, atas nama Lili Suryani dari Prodi Ekonomi Pembangunan, dengan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) 3.82. Dari Prodi Akuntansi, piagam penghargaan diberikan kepada Sa’adah dengan IPK 3.72.

Di akhir sambutannya, Mr. Say berpesan kepada yudisiawan dengan pantun penutup, “Tinggi sekali pohon kelapa. Lebih tinggi dari pohon enau. Jasa dosen jangan dilupakan. Suksesnya kalian karena beliau.” (Editor: AP/Humas)