email : info@unizar.ac.id

Dekan Fakultas Ekonomi Unizar Melepas Para Mahasiswa Magang di Lombok Astoria Hotel

UNIZAR.AC.ID, Mataram – Bertempat di lobby Lombok Astoria Hotel, Jl. Jend. Sudirman No.40, Rembiga, Muhamad Sayuti, SE., MM., selaku Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Al-Azhar (FE-Unizar) melepas 3 (tiga) orang mahasiswanya untuk mengikuti magang di hotel tersebut, pada Senin (19/09). Magang merupakan proses untuk menerapkan keilmuan atau kompetensi yang didapat selama menjalani masa pendidikan di kampus ke dalam dunia kerja secara langsung. Mahasiswa yang mengikuti magang diharapkan bisa memahami sistem kerja yang profesional di industri sebenarnya.

Para mahasiswa magang dari FE-Unizar ini ditempatkan di accounting department Astoria Hotel selama tiga bulan. Mr. Say, sapaan akrab Dekan FE-Unizar ini, dalam pengantarnya mengatakan, “Dengan mengikuti program magang, ilmu-ilmu yang mahasiswa dapatkan di bangku perkuliahan akan bisa langsung dipraktikkan.”

Lebih lanjut, Mr Say menjelaskan bahwa hotel, khususnya di accounting department, adalah tempat yang tepat untuk belajar menghadapi pekerjaan. Ada banyak pribadi yang berbeda, sudut pandang yang berlainan, serta bermacam ide yang dilemparkan. Saat di bangku kuliah, walaupun diajarkan untuk bersikap kritis dan berbeda pendapat saat berdiskusi, tapi tetap saja kondisinya berbeda dengan di tempat kerja.

“Maka dari itu, belajar menghadapi perbedaan saat melakukan kerja magang bisa jadi latihan yang baik untuk menghadapi dunia kerja yang sebenarnya,” ujar pria yang sebelumnya pernah bekerja di industri perhotelan selaman 11 (sebelas) tahun ini.

Senada dengan pernyataan Mr. Say, Riri Napitupulu selaku Director Finance Astoria Hotel menyambut gembira kehadiran mahasiswa magang dari FE-Unizar, karena dengan adanya mahasiswa magang perusahaan/hotel bisa mendapat brainstorming dari mahasiswa magang tentang bagaimana mereka sebagai ‘orang luar’ melihat produk/jasa perusahaan. Selain itu, perusahaan juga bisa mendapat ide-ide baru yang sebelumnya belum pernah dipikirkan atau justru malah bisa dikembangkan.

“Mudah-mudahan dengan kehadiran mahasiswa magang akan mampu memberikan kontribusi bagi pihak hotel,” cetus Riri.

Bagi kampus Unizar, magang juga sangat bermanfaat karena akan terjalin kerja sama yang harmonis antara perguruan tinggi dengan perusahaan tempat mahasiswa magang. Manfaat lainnya, pihak kampus dapat meningkatkan kualitas lulusannya melalui pengalaman kerja magang mahasiswanya.

Sebagai informasi, selain magang di Astoria Hotel, ada juga mahasiswa dari FE-Unizar yang magang di Bank Syariah Indonesia (BSI) Mataram, BWS NT-I, Pol PP Kota Mataram, KPU Kota Mataram, KKP (Kantor Konsultan Pajak) Narmada, dan lembaga lainnya. (Editor: Prayuda/Humas)