email : info@unizar.ac.id

Inilah 8 Mesin Canggih yang berada di Ruangan Inkubator Bisnis Teknologi (ITe) Unizar

UNIZAR.AC.ID, Mataram – Otonomi dan desentralisasi pendidikan di Indonesia menuntut seluruh Perguruan Tinggi, termasuk Universitas Islam Al-Azhar (Unizar), menciptakan unit yang diharapkan mampu mengelola dana penyelenggaraan pendidikan secara mandiri. Dengan adanya unit tersebut, diharapkan Perguruan Tinggi semakin mampu membiayai berbagai kebutuhan yang diperlukan secara mandiri. Selain itu, terdapat juga tuntutan dari the new economy global yang terjadi karena adanya perubahan yang cepat dan signifikan di bidang teknologi, telekomunikasi, dan digitalisasi.

Merespon tuntutan-tuntutan tersebut, dibentuklah sebuah income generating unit di Unizar, yang berwujud sebuah gedung pusat inkubasi bisnis. Gedung tersebut bernama Inkubator Bisnis Teknologi (ITe) Unizar. Dibentuknya ITe Unizar ini sebagai salah satu alternatif jangka panjang yang dapat ditempuh untuk mampu mengadakan biaya pendidikan secara mandiri dan profesional di Unizar.

Adanya dukungan Unizar kepada Inkubator Bisnis Teknologi (ITe) dimanifestasikan dengan keluarnya Surat Keputusan Rektor Universitas Islam Al-Azhar pada tanggal 31 Oktober 2019, dengan nomor 1808/SK/REK/UNIZAR-012/X/2019, tentang Pendirian Inkubator Bisnis Teknologi (ITe) Universitas Islam Al-Azhar. Setelah itu, pada tanggal 1 Desember 2020, dikeluarkan surat keputusan Rektor Unizar dengan nomor 129/SK/REK/UNIZAR-012/XII/2020 tentang Pembentukan Pengurus Inkubator Bisnis Teknologi (ITe) Universitas Islam Al-Azhar Tahun Anggaran 2020-2024.

Inkubator Bisnis Teknologi (ITe) Unizar adalah lembaga yang bernaung di bawah bidang III (tiga) Universitas Islam Al-Azhar, yang bergerak dalam bidang penyediaan fasilitas dan pengembangan usaha, baik manajemen maupun teknologi bagi usaha kecil dan menengah (UKM) untuk meningkatkan dan mengembangkan kegiatan usahanya dan/atau pengembangan produk baru agar dapat berkembang menjadi wirausaha yang tangguh dan/atau produk baru yang berdaya saing dalam jangka waktu tertentu.

Dengan kata lain, ITe Unizar merupakan satu wadah atau tempat para pengusaha kecil (mikro) dan menengah maupun calon wirausaha baru untuk bertanya, berlatih, dan berdiskusi dalam rangka mengembangkan atau merealisasikan usahanya, maupun untuk mencegah permasalahan manajemen usahanya, baik secara individu maupun kelompok. Demi merealisasikan maksud tersebut, pihak manajemen ITe Unizar memberikan berbagai jasa pelayanan, pusat inovasi, konsultasi dan pelatihan yang didukung oleh alat-alat yang canggih.

Berikut ini adalah 8 (delapan) alat yang berada di ruangan ITe Unizar yang bisa dimanfaatkan oleh para mahasiswa dan juga para tenant di luar lingkungan Universitas:

1. Mesin Hot Code Expired Date

Mesin ini digunakan untuk mencetak angka kadaluwarna pada kemasan dengan menggunakan pita warna (ribbon tape). Menghasilkan cetakan yang tajam dan berdaya tahan lama.

Mesin Hot Code Expired Date

2. Mesin Grinder Kopi

Mesin Grinder (giling) kopi adalah sebuah alat bantu yang memang didesain khusus untuk menghaluskan biji kopi setelah melalui proses
pemasakan, untuk kemudian bisa menjadi bubuk kopi yang siap dikonsumsi.

Mesin Grinder Kopi

3. Mesin Continuous Sealer

Continuous Sealer adalah mesin pengemas dan penyegel yang biasanya digunakan untuk menyegel produk yang kemasannya terbuat dari jenis bahan termoplastik. Dengan menggunakan alat sealer plastik otomatis ini, maka kemasan termoplastik yang digunakan pada produk akan lebih terjaga.

Mesin Continuous Sealer

4. Mesin Roasting Kopi

Mesin roasting kopi adalah mesin yang mampu melakukan proses pemanggangan biji kopi mentah dengan berbagai tingkat kematangan.

Mesin Roasting Kopi

5. Mesin Peniris Minyak

Mesin Peniris Minyak atau Spinner adalah alat yang digunakan untuk mengurangi kadar minyak suatu makanan dengan cara diputar pada kecepatan tertentu.

Mesin Peniris Minyak

6. Vegetable Cutter

Vegetable Cutter adalah mesin pemotong buah dan sayuran otomatis. Sistem kerja yang digunakan adalah sistem cacah dengan pisau bergerak. Sayur atau buah yang akan dipotong dijalankan di conveyor.

Mesin Pemotong Buah dan Sayur

7. Mesin Pengemas Sachet

Mesin Pengemas Sachet atau Mesin Vertical Packaging adalah sebuah mesin kemas yang berfungsi untuk membantu mengisi kemasan sachet sekaligus menyegel atau menutupnya secara rapat, sehingga bahan yang dikemas terjaga steril.

Mesin Pengemas Sachet

8. Mesin Vacuum Frying

Mesin Vacuum Frying fungsinya adalah mesin untuk menggoreng buah atau sayur menggunakan metode vacuum/sedot, sehingga buah atau sayuran menjadi bentuk baru berupa keripik buah dan keripik sayur.

Mesin Vacuum Frying

Itulah profile singkat dari 8 (delapan) mesin yang berada di ruangan ITe Unizar, yang gedungnya terletak di sebelah utara (belakang) Gedung Fakultas Hukum (FH) Unizar. Tentu masih ada mesin-mesin yang lainnya. Saat ini, ada sekitar 13 mesin/alat produksi di ruangan tersebut. Jadi, silakan berkunjung ke Gedung Inkubator Bisnis Teknologi (ITe) Unizar untuk melihat mesin-mesin tersebut dan juga berbagai produk olahan pangan yang dihasilkan. (Adi Prayuda/Humas)