email : info@unizar.ac.id

Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi, BPM Unizar selenggarakan Workshop SPMI

UNIZAR.AC.ID, Mataram – Aula Abdurrahim Universitas Islam Al-Azhar (Unizar) dipenuhi puluhan orang selama 2 (dua) hari ini. Pasalnya, di aula tersebut diselenggarakan Workshop Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) oleh panitia dari Badan Penjaminan Mutu (BPM) Unizar, yang berlangsung dari hari Rabu pagi hingga Kamis siang (12-13/10).

Hadir memberi sambutan dalam acara tersebut, yakni Auliya Isti Makrifa, S.T., M.Eng, selaku Ketua Panitia.

“Kegiatan workshop SPMI ini merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Penjaminan Mutu dalam rangka meningkatkan budaya mutu bagi civitas akademika Unizar. Dengan dilaksanakan kegiatan pada hari ini dan besok, diharapkan bisa menghasilkan dokumen SPMI, terutama kelengkapan formulir pada masing-masing bidang, baik di tingkat Universitas, maupun tingkat Fakultas,” ujar Auliya.

Auliya Isti Makrifa, S.T., M.Eng, selaku Ketua Panitia, memberikan sambutan pada acara Workshop Sistem Penjaminan Mutu Internal yang berlangsung di Aula Abdurrahim Unizar, pada Rabu (12/10)

Berkesempatan membuka acara tersebut yakni Wakil Rektor I Unizar, Dr. Drs. H. Sahar, SH., MM., mewakili Rektor Unizar yang saat ini sedang berada di luar pulau.

Dr. Sahar menyampaikan, “Pagi ini Pak Rektor sedang berada di luar daerah. Beliau tidak bisa hadir karena ada acara di Selayar, jadi diwakilkan kepada saya untuk membuka acara ini. Pak Rektor menitipkan salam semoga acara workshop ini bisa berjalan sesuai yang diharapkan.”

Beliau juga menambahkan bahwa SPMI ini sangat bermakna bagi seluruh civitas akademika Unizar demi meningkatkan kualitas/mutu pelayanan kepada mahasiswa, maupun yang terkait administrasi. Harapannya, agar agenda apapun yang dilaksanakan di lingkungan Unizar, baik akademik maupun non-akademik, memiliki arsip atau bukti fisik penyelenggaraan. Arsip-arsip itulah yang sangat berperan penting ketika akreditasi, baik akreditasi Program Studi maupun Institusi.

Narasumber dalam acara tersebut merupakan pihak internal Unizar yang telah tersertifikasi terkait penyampaian materi SPMI, yakni Baiq Diah Fitasari, S.Si., M.Sc. Acara dimoderatori langsung oleh Wakil Rektor III Unizar, Fathurrahman, SE., M.Ak.

Bq. Diah Fitasari, S.Si., M.Sc, selaku narasumber, memberikan materi pada acara Workshop SPMI yang berlangsung di Aula Abdurrahim Unizar, pada Rabu dan Kamis (12-13/10)

Baiq Diah mengawali pemaparan materinya kepada 45 (empat puluh lima) peserta dengan menjelaskan terlebih dahulu Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM Dikti) yang tidak terlepas dari Budaya Mutu: Pola Pikir, Pola Sikap, dan Pola Perilaku berdasarkan Standar Dikti.

“Adapun tujuan dari SPM Dikti ini adalah menjamin pemenuhan Standar Pendidikan Tinggi secara sistemik dan berkelanjutan, sehingga tumbuh dan berkembang budaya mutu, sedangkan fungsinya adalah mengendalikan penyelenggaraan pendidikan tinggi oleh perguruan tinggi untuk mewujudkan pendidikan tinggi yang bermutu,” jelas narasumber yang juga merupakan Sekretaris BPM Unizar.

Dijabarkan pula 3 (tiga) sub sistem dari SPM Dikti, yang terdiri dari SPMI, SPME (Sistem Penjaminan Mutu Eksternal)/Akreditasi, dan PD Dikti (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi). Inti SPMI tertuang dalam Pasal 5 ayat (1) Permenristekdikti No. 62 Tahun 2016 tentang SPM Dikti, yang terdiri dari siklus kegiatan P-P-E-P-P (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan Standar Dikti). Di lain pihak, inti SPME tertuang dalam Pasal 6 ayat (1) Permenristekdikti No. 62 Tahun 2016 tentang SPM Dikti, yang terdiri dari tahapan: Evaluasi Data dan Informasi; Penetapan Status Akreditasi dan Peringkat Terakreditasi; Pemantauan dan Evaluasi Status Akreditasi dan Peringkat Terakreditasi.

Seluruh peserta berfoto bersama dengan narasumber dalam acara Workshop SPMI Unizar

Hari pertama workshop (12/10) berlangsung hingga sore hari, karena selain berisi paparan materi yang cukup padat, para peserta juga dilatih untuk menyusun standar SPMI per masing-masing bidang/kelompok. Hari kedua (13/10), para perwakilan kelompok mempresentasikan Lembar Kerja Pemetaan Dokumen SPMI yang telah dibuat dari hasil diskusi.

Keseluruhan acara workshop berlangsung lancar dan diakhiri dengan pemberian sertifikat kepada moderator oleh Kepala BPM Unizar, dr. Velia Maya Samodra, serta penyerahan sertifikat kepada narasumber oleh Wakil Rektor II Unizar, Siti Ruqayyah, S.Si., M.Sc. (Adi Prayuda/Humas)