email : info@unizar.ac.id

Dalam Rangka Memberi Pembekalan kepada Para Mahasiswa Tingkat Akhir, Short Course Karya Tulis Ilmiah Teknik Sipil digelar di Aula Abdurrahim Unizar

Para pemateri dan peserta Short Course Fakultas Teknik Unizar berfoto bersama di Aula Abdurrahim Unizar, pada Sabtu (05/11)

UNIZAR.AC.ID, Mataram – Dalam rangka memberi pembekalan terkait karya ilmiah dan segala persyaratannya kepada mahasiswa Fakultas Teknik, para dosen Fakultas Teknik (FT) Universitas Islam Al-Azhar (Unizar) menggelar Short Course Karya Tulis ilmiah Teknik Sipil. Acara tersebut digelar di Aula Abdurrahim Unizar, dan dimulai pukul 09.00 Wita, pada Sabtu (05/11).

Hadir pada kesempatan yang berbahagia tersebut adalah Dekan FT Unizar, Luthfi, S.T., M.T. dan juga pejabat struktural serta dosen di lingkungan FT Unizar. Pemateri pada short course ini adalah para dosen di lingkungan internal FT Unizar, dan sebanyak kurang lebih 65 mahasiswa hadir dan mengikuti dengan khidmat acara tersebut.

Pemateri yang pertama adalah Jauhari Prasetiawan, M.Eng, yang juga merupakan Kaprodi Teknik Sipik FT Unizar. Pemateri selanjutnya adalah dosen di FT Unizar, Dhiafah Hera Darayani, S.T., M.T. Pemateri terakhir, yakni Ir. M. Arifudin Fahmi, M.T, yang juga merupakan Wakil Dekan I FT Unizar. Bertindak sebagai moderator adalah Ketua UPMI (Unit Penjaminan Mutu Internal) FT Unizar, Musmiratul Uyun, M.Pd.

Membuka sambutannya, Dekan FT Unizar, Luthfi, S.T., M.T., mengungkapkan beberapa tahapan yang perlu dilalui sebelum mahasiswa menjalani sidang sripsi.

 

Dekan FT Unizar, Luthfi, S.T., M.T., saat memberikan sambutan dalam acara Short Course Karya Tulis Ilmiah Teknik Sipil yang digelar di Aula Abdurrahim Unizar, pada Sabtu (05/11)

Short Course ini terkait dengan karya ilmiah atau skripsi. Kita ada aturan baru, sebelum mengajukan judul (skripsi, red), ada konsultasi. Setelah lulus judulnya, ada seminar proposal. Setelah seminar proposal lulus, baru skripsi. Skripsi ini harus diseminarkan dan ada persyaratan harus masuk jurnal yang terakreditasi. Kemudian ada syarat TOEFL, dan harus ada pembekalan,” jelas Dekan FT Unizar ini.

Beliau juga menegaskan, “Selama ini, setelah kita evaluasi hasil ujian akhir skripsinya mahasiswa Fakultas Teknik, teori dasarnya kurang dipahami. Oleh karenanya, untuk selanjutnya, kita adakan pembekalan sebelum ujian kompre (komprehensif, red). Jadi, siapapun yang belum ikut pembekalan kompre, tidak akan diikutkan ujian skripsi.”

Tidak lupa, Dekan juga mengingatkan dan memohon do’a kepada para mahasiswa agar Fakultas Teknik Sipil Unizar bisa mempertahankan peringkat akreditasinya.

“Para mahasiswa yang saya banggakan, Fakultas Teknik sekarang banyak bekerja sama dengan pihak di luar Universitas. Dan kita juga sedang mempersiapkan untuk reakreditasi, kami minta do’a dari mahasiswa agar Fakultas Teknik maju terus dan bisa mempertahankan akreditasi B atau Baik Sekali. Dulu tidak ada persyaratan yang banyak, tidak ada persyaratan doktor. Dulu Fakultas Teknik belum ada doktornya. Akhirnya saya dan pak Haji Syaifudin, Kepala Lab. kita, mencari doktor sampai ke Jakarta. Alhamdulillah sekarang sudah dapat 5 orang,” pungkasnya.

Dari kiri ke kanan: Musmiratul Uyun, M.Pd. (Moderator), Jauhari Prasetiawan, M.Eng. (Pemateri ke-1), Dhiafah Hera Darayani, S.T., M.T. (Pemateri ke-2), dan Ir. M. Arifudin Fahmi, M.T. (Pemateri ke-3), dalam acara Short Course Karya Tulis Ilmiah di Aula Abdurrahim Unizar, pada Sabtu (05/11)

Dalam short course tersebut dipaparkan bahwa ujian komprehensif Prodi Teknik Sipil terdiri dari 4 (empat) bidang, yakni Konsentrasi Bidang Struktur, Konsentrasi Bidang Hidro/Keairan, Konsentrasi Bidang Transportasi, dan Konsentrasi Teknologi Bahan.

Bidang Struktur meliputi analisis struktur, struktur beton, struktur kayu, dan struktur baja. Bidang hidro mencakup gambar penampang saluran, rumus-rumus keairan, perhitungan penampang saluran, skema jaringan irigasi, dan hidrologi. Bidang transportasi terdiri dari jalur dan lajur jalan, potongan melintang jalan, struktur perkerasan jalan, dan pemanfaatan badan jalan. Bidang Teknologi Bahan diantaranya terkait kayu, bahan beton, dan luasan bidang.

Keseluruhan acara berlangsung lancar hingga kurang lebih pukul 12.00 Wita. Seluruh peserta mendapat materi yang sangat relevan dengan perkualiahan yang sedang mereka jalani di Universitas yang bertajuk Green Campus ini. Terlebih lagi, mereka mendapat informasi-informasi terkini terkait karya tulis ilmiah yang sedang mereka susun sebagai syarat kelulusan, template jurnal Teknik Sipil, dan juga cara menggunakan aplikasi Mendeley untuk membuat daftar pustaka. (Adi Prayuda/Humas)