Atas saran Prof. Dr. dr. Soewignjo Soemohardjo, Sp.PD, KGEH, tahun 1990 berdirilah Fakultas Biologi namun dalam proses pengurusan ijin atas saran dari Kopertis Wilayah VIII namanya kemudian berubah menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) sedangkan biologi dijadikan nama jurusan dan program studi. Kurang lebih dua tahun berikutnya, tepatnya tanggal 28 April 1992, Fakultas MIPA mendapat status terdaftar dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) dengan Keputusan Nomor 154/DIKTI/Kep/1992 Tentang Pemberian Status Terdaftar Kepada Jurusan Biologi Program Studi Biologi Untuk Jenjang Program S1 Pada Fakultas MIPA di Lingkungan Unizar di Mataram. Fakultas baru ini dianggap sebagai embrio dari Fakultas Kedokteran.

Fakultas MIPA jurusan Biologi terakreditasi No. 192/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/ IX/2013 Tgl. 21 September 2013, dengan Ijin Oprasional No. 14652/D/T/K-VIII/2013, Tgl 18 Pebruari 2013 s/d 15 Juli 2017.

 

VISI

Sebagai pusat penyelenggaraan Program Studi Biologi yang mengembangkan pendidikan sains yang islami, populis,inovatif dan berprestasi.

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan ilmu pengetahuan pengabdian kepada masyarakat yang mendukung kehidupan berbudaya islam yang modern,mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi ilmu yang amaliah dengan memaksimalkan pendayagunaan sumber daya yang ada;
  2. Menghasilkan lulusan yang mengkhususkan diri dalam penguasaan materi sains (Biologi);
  3. Menghasilkan sarjana sains yang memiliki kemampuan akademik dan kepedulian terhadap pengembangan nilai IMTAQ dalam rangka menjawab tantangan masa depan.

 

Berikut beberapaa photo kegiatan Fakultas MIPA jurusan Biologi Universitas Islam Al-Azhar :

 

Pratikum Kultur Jaringan

Pratikum Kultur Jaringan

 

Pratikum Kultur Jaringan

Pratikum Kultur Jaringan

 

Pratikum Kultur Jaringan

Pratikum Kultur Jaringan

 

Untuk menjelajah Fakultas MIPA Universitas Islam Al-Azhar, silahkan menuju ke: mipa.unizar.ac.id.