Universitas Islam Al Azhar

Fakultas Matematikan Dan Ilmu Pengetahuan Alam

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) berdiri pada tahun 1992 berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti ) dengan Keputusan Nomor 154/DIKTI/Kep/1992 tanggal 28 April 1992. Kemudian terakreditasi untuk pertama kali berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nomor 05322/AK-V-S1-020/UIVBLI/VIII/2002 tanggal 28 Agustus 2002. Selanjutnya Akreditasi kedua berdasarkan keputusan BAN-PT nomor 032/BAN-PT/AK/XI/S1/2008 tanggal 5 Desember 2008. Akreditasi ketiga pada tanggal 21 september 2013 dengan nomor keputusan No.192/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/IX/2013. Program studi Biologi Fakultas MIPA menghasilkan lulusan dengan gelar Serjana Sains (S.Si) yang mampu menerapkan keahliannya dibidang sains.

Visi Fakultas MIPA:

Terwujudnya Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang mandiri dan terkemuka dalam bidang pada tingkat nasional yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman dan keindonesiaan pada Tahun 2031.

Misi Fakultas MIPA:

    1. Memberikan landasan moral dan etika serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan;

    2. Menyelenggarakan pendidikan dalam bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam yang memiliki keunggulan kompetitif pada tingkat nasional;

    3. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan dalam bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam yang inovatif berbasis sumber daya alam dan kearifan lokal;

    4. Menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat yang responsif terhadap permasalahan di masyarakat;

    5. Mengembangkan kerjasama bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan berbagai lembaga dalam pada tingkat nasional.

Program Studi Biologi (S1)

Visi Program Studi Biologi: Pada tahun 2017-2031 menjadi program studi terkemuka dalam pengembangan ilmu Biologi yang berkualitas dengan lulusan berdaya saing, berilmu, dan beriman.

Misi Program Studi Biologi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan bidang biologi yang bermutu dan berkesinambungan, sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan lulusan yang berilmu dan beriman.

  2. Melaksanakan penelitian bidang biologi yang unggul berbasis sumber daya alam lokal yang mampu bersaing secara global guna mendukung kegiatan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.

  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat secara berkelanjutan.

  4. Menjalin kerja sama dengan berbagai pihak/lembaga untuk mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tujuan Program Studi Biologi:

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, inovatif dan kreatif dalam mengembangkan ilmu pegetahuan dan teknologi berbasis sumber daya alam lokal guna mendukung pembangunan daerah dan nasional;

  2. Menghasilkan penelitian yang berkualitas dan kompetitif dalam bidang biologi dengan memanfaatkan kekhasan sumber daya alam lokal yang dapat menyokong kegiatan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat;

  3. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas lembaga dan lulusan;

  4. Meningkatkan tata kelola administrasi untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif.