19
MAR
2015

Manajemen Kesehatan

Pada hari ke-2 Pembekakalan KKN Universitas Islam Al-Azhar, Selasa 24 Februari 2015, materi Pembekalan dilakukan oleh dr. Ika Dian Anggraini, M.Kes. tentang Manajemen Kesehatan.

Dalam paparan tersebut, dr. Ika Dian Anggraini, M.Kes. memaparkan tentang Manajemen Kesehatan, yaitu :

  • Bahwa manajemen sama dengan administrasi – suatu proses yang menyangkut perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan, pengkoordinasian dan penilaian terhadap sumber, tata cara dan kesanggupan yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan terhadap kesehatan, perawatan kedokteran serta lingkungan yang sehat dengan jalan menyediakan dan menyelenggarakan berbagai upaya kesehatan yang ditujukan kepada perseorangan, keluarga, kelompok dan atau pun masyarakat. (Komisi Pend. AdKes AS, 1974)
  • Beberapa pengertian kesehatan, yaitu – Sehat adalah suatu keadaan seimbang yang dinamis antara bentuk dan fungsi tubuh dengan berbagai faktor yang berusaha mempengaruhinya (Perkin, 1938). Sehat adalah suatu keadaan seimbang yang dinamis antara bentuk dan fungsi tubuh dengan berbagai faktor yang berusaha mempengaruhinya (Perkin, 1938). Suatu keadaan sejahtera sempurna dari fisik, mental dan sosial yang tidak terbatas pada bebas dari penyakit atau kelemahannya saja (WHO 1947 dan UU Pokok Kesehatan no. 9/1960). Sehat adalah suatu keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis (UU Kes no 23/1992).

 Menurut dr. Ika Dian Anggraini, M.Kes., terdapat 4 Unsur Pokok Manajemen Kesehatan, yaitu:

  1. Masukan
  2. Proses
  3. Keluaran
  4. Sasaran, dan
  5. Dampak

 (Sumber: dr. Ika Dian Anggraini, M.Kes.)

 

Pembekalan KKN 2015 - Manajemen Kesehatan

Pembekalan KKN 2015 – Manajemen Kesehatan

 

Pembekalan KKN 2015 - Manajemen Kesehatan

Pembekalan KKN 2015 – Manajemen Kesehatan

 

Pembekalan KKN 2015 - Manajemen Kesehatan

Pembekalan KKN 2015 – Manajemen Kesehatan

Leave a Reply

*

captcha *

*