W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012

Universitas Islam Al-Azhar

Pada mulanya Universitas Islam Al-Azhar (UNIZAR) memiliki 4 (empat) Fakultas, yakni: (1) Fakultas Hukum, Jurusan Hukum Keperdataan dan Jurusan Hukum Pidana, yang belakangan pada tahun 1993, program nasional pendidikan tinggi ilmu hukum mengalami reorientasi pendidikan yang dilaksanakan dengan melebur seluruh jurusan menjadi program studi tunggal, yakni program studi ilmu hukum, (2) Fakultas Pertanian Program Studi Sosial Ekonomi Pembangunan, (3) Fakultas Teknik Program Studi Teknik Sipil dan (4) Fakultas Ekonomi Program Studi Ekonomi Pembangunan, yang kesemuanya mendapat status terdaftar dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang kala itu dijabat oleh Prof. Dr. Nugroho Notusanto, pada tanggal 18 Agustus 1984, dengan SK Nomor 0378/0/1984 Tentang Pemberian Status Terdaftar Kepada Fakultas dan Jurusan Dalam Lingkungan Universitas Islam Al-Azhar di Mataram.

Kemudian setelah itu Rektor, sekaligus pendiri Unizar, orang menyebutnya tokoh tiga zaman, H. Abdurrahim, SH, menggagas pendirian Fakultas Kedokteran, namun karena berbagai persyaratan masih belum dipenuhi saat itu maka atas saran Prof. Dr. dr. Soewignjo Soemohardjo, Sp.PD, KGEH, tahun 1990 berdirilah Fakultas Biologi namun dalam proses pengurusan ijin atas saran dari Kopertis Wilayah VIII namanya kemudian berubah menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) sedangkan biologi dijadikan nama jurusan dan program studi. Kurang lebih dua tahun berikutnya, tepatnya tanggal 28 April 1992, Fakultas MIPA mendapat status terdaftar dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) dengan Keputusan Nomor 154/DIKTI/Kep/1992 Tentang Pemberian Status Terdaftar Kepada Jurusan Biologi Program Studi Biologi Untuk Jenjang Program S1 Pada Fakultas MIPA di Lingkungan Unizar di Mataram. Fakultas baru ini dianggap sebagai embrio dari Fakultas Kedokteran.

Beberapa tahun setelahnya, tepatnya tahun 2000 gagasan untuk mendirikan Fakultas Kedokteran dimunculkan kembali dan baru setelah 4 (empat) tahun kemudian, setelah melalui proses yang cukup panjang, tepatnya pada tanggal 17 Juni 2004 Dirjen Dikti mengeluarkan Surat ijin penyelenggaraan, yakni dengan Surat nomor 2100/D/T/2004, perihal Ijin Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Dokter pada Universitas Islam Al-Azhar (Unizar) Mataram.

Terdapat 6 fakultas di Universitas Islam Al-Azhar, yaitu:

  1. Fakultas Teknik
  2. Fakultas Ekonomi
  3. Fakultas Pertanian
  4. Fakultas Hukum
  5. Fakultas MIPA
  6. Fakultas Kedokteran

 

VISI

Visi UNIZAR adalah menjadi Perguruan Tinggi Swasta terkemuka dalam pengembangan sains dan teknologi.

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu;
  2. Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan menunjang pembangunan dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni serta meningkatkan publikasi ilmiah;
  3. Mendharmabaktikan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni yang dikuasai kepada masyarakat;
  4. Menjalin jaringan kerja sama yang produktif dan berkelanjutan dengan lembaga pendidikan, pemerintahan dan dunia usaha di tingkat daerah, nasional dan internasional;
  5. Mengembangkan sistem manajemen /tata kelola akademik yang bermutu dengan didukung sistem dan fasilitas yang mencukupi dan layak;
  6. Mengembangkan usaha-usaha yang halal untuk peningkatan anggaran pendapatan Universitas.
  7. Menciptakan suasana kampus yang nyaman dan aman.

 

TUJUAN

  1. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang mempunyai kemampuan akademik, terampil dan bermoral;
  2. Memajukan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni melalui kegiatan penelitian, pengkajian dan mempublikasikan karya ilmiah yang dapat menghasilkan sumbangan pada perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi untuk kejayaan bangsa, negara dan agama;
  3. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

 

STRUKTUR ORGANISASI

Struktur Organisasi Universitas Islam Al-Azhar

Struktur Organisasi Universitas Islam Al-Azhar

 

REKTORAT
Rektor : Ahmad Firdaus Sukmono, SE, SH, MH
Wakil Rektor I : Dr. Ir. Muh. Ansyar, MP
Wakil Rektor II : Drs. H. Mahsun
Ketua BPM : Ir. Muhsin, M.Si
Kepala Biro Akademik dan Umum : Arya Sosman, SH, MH
LEMBAGA
Ketua LPPM : Ir. H. Nanang Samodra, M.Sc
Ketua Pusat Studi Islam : Ir. H. Suryahadi, MT
Ketua Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum : Zihnul Musfi, SH
FAKULTAS
Dekan Fak. Teknik : Miftahurrahman, ST, MT
Wakil Dekan I : Ir. HM. Arifudin Fahmy, MT
Wakil Dekan II : H. Lutfi, ST, MT
Wakil Dekan III : Siti Nurul Hijah, ST, MT
Kepala Tata Usaha : Ir. Zaenuddin
Dekan Fak. Ekonomi : Dr. H. Sahar, SE, SH, MM
Wakil Dekan I : M. Sayuti, SE, MM
Wakil Dekan II : Drs. Fahrudin
Wakil Dekan III : Fathurrahman, SE, M.Ak
Kepala Tata Usaha : Sri Atma Hartini, SE, M.Ak.
Dekan Fak. Hukum : Abdul Tayib, SH, MH
Wakil Dekan I : Gst. Ayu Ratih D, SH, MH
Wakil Dekan II : Sumarni Mokoginta, SH
Wakil Dekan III : Arya Sosman, SH, MH
Kepala Tata Usaha : Haerani, SH, MH
Dekan Fak. Pertanian : Ir. Muhsin, M.Si
Ketua Prodi Fak. Pertanian : Narita Amni, SP., M.Si
Dekan Fak. MIPA : Drs. Moch. Maswan, S.Si, M.Repro
Ketua Prodi Fak. MIPA : Ridha Yuhaini, S.Si. M.Si
Dekan Fak. Kedokteran : dr. H. Fanani, Sp.Rad
Wakil Dekan I : dr. Ika Dian Anggraini, M.Kes
Wakil Dekan II : dr. H. Indradjit, MS
Wakil Dekan III : dr. Iing, M.Erg

 

Penjaminan mutu perguruan tinggi adalah proses perencanaan, pemenuhan, pengendalian, dan pengembangan standar pendidikan tinggi secara konsisten dan berkelanjutan, sehingga pemangku kepentingan (stakeholders) internal dan eksternal perguruan tinggi, yaitu mahasiswa, dosen, karyawan, dan masyarakat  memperoleh kepuasan atas kinerja dan keluaran perguruan tinggi.

Tujuan penjaminan mutu perguruan tinggi adalah terjaminnya mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi baik pada masukan, proses, maupun keluaran berdasarkan peraturan perundang-undangan, nilai dasar, visi, dan misi perguruan tinggi. Kegiatan penjaminan mutu ini merupakan perwujudan akuntabilitas dan transparansi perguruan tingg

BPM merupakan badan yang mendampingi Rektor dalam percepatan pencapaian visi dan misi Universitas dan berfungsi sebagai badan yang bersifat konsultatif. Lingkup kerja BPM mencakup semua unsur pelaksana akademik dan unsur non akademik

Untuk melaksanakan tugas tersebut, BPM mempunyai fungsi:

  1. Merencanakan dan melaksanakan sistem penjamin mutu pada unit kerja di lingkungan UNIZAR.
  2. Membuat perangkat yang diperlukan dalam rangka pelaksanaan sistem penjaminan mutu akademik dan non akademik.
  3. Memonitor pelaksanaan sistem penjaminan mutu akademik dan non akademik.
  4. Melakukan audit dan evaluasi pelaksanaan sistem penjaminan mutu akademik dan non akademik.
  5. Melaporkan secara berkala pelaksanaan sistem penjaminan mutu akademik dan non akademik.
  6. Mengawal akreditasi Universitas, Fakultas dan Program Studi;
  7. Menyajikan informasi yang terkait akreditasi, audit internal, sertifikasi dosen, dan lainnya yang terkait dengan penjaminan mutu.

Susunan Organisasi BPM sekurang-kurangnya terdiri atas satu orang ketua, satu sekretaris dan beberapa anggota dari perwakilan fakultas.

 

KERJA SAMA

  1. Kerja sama antara Universitas Islam Al-Azhar Mataram dengan Pemerintah Propinsi Nusa Tenggara Barat  tentang Kegiatan Operasional Bidang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Pelatihan Bagi Mahasiswa Universitas Islam Al-Azhar pada tahun 2012 (Nomor : 02/UNIZAR/VI/2012, Nomor : 420/209/KESDA).
  2. Kerja sama antara Universitas Islam Al-Azhar Mataram dengan Universitas Udayana Denpasar tentang Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Tahun 2011 (Nomor : 29/UNIZAR/II/2011, Nomor : 740/H14/KL.II/2011).
  3. Kerja sama Antara Universitas Islam Al-Azhar Mataram tentang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat tahun 2006 (Nomor : 10022/J18.II/L.N.01.04/2006, Nomor : 088/UNIZAR/IX/2006).
  4. Kerja sama antara Universitas Islam Al-Azhar Mataram dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat Tahun 2006 tentaang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat khususnya Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar Mataram ( Nomor : A20/II2/BUP/2006, Nomor : 97/UNIZAR/IX/2006.
  5. Kerja sama antara Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Islam Al-Azhar Mataram dengan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Denpasar dalam rangka menyiapkan pendirian dan pelaksaksanaan program studi Pendidikan Dokter Universitas Islam Al-Azhar Mataram tahun 2007 (Nomor : 267/J14.2/LN.00.01/2007, Nomor : 07/PSPD-UNIZAR/I/2/2007 ).