email : info@unizar.ac.id

UNIZAR NEWS, Mataram – Gedung Teater Ahmad Firdaus Sukmono Universitas Islam Al-Azhar (Unizar) dipenuhi calon wisudawan dan orang tua/wali calon wisudawan Fakultas Teknik (FT) Unizar. Selain itu, hadir juga Dekan FT Unizar dan jajarannya, beserta seluruh dosen dan staf FT Unizar. Pasalnya, pada hari Jumat (16/12) digelar acara Pelepasan dan Serah Terima Alumni FT Unizar. Acara ini berlangsung satu hari sebelum acara wisuda Unizar yang ke-72 (17/12) dilaksanakan.

Acara Pelepasan dan Serah Terima Alumni FT Unizar dimulai sekitar pukul 16.30 WITA dengan jamuan makan dan hiburan. Seusai sholat maghrib bersama dan penampilan hadrah dari siswa-siswi Madrasah Al-Hakim Kediri, Lombok Barat, dimulailah acara inti.

Sambutan pertama dari Wakil Dekan I FT Unizar, Ir. M. Arifuddin Fahmi, MT. Di awal sambutannya, beliau memperkenalkan para civitas akademika FT Unizar kepada orang tua/wali alumni yang hadir. Beliau pun memaparkan tujuan dari diselenggarakannya acara pelepasan ini adalah sebagai bentuk terima kasih kepada para hadirin yang ada di ruangan ini, baik itu orang tua/wali alumni maupun seluruh civitas akademika FT Unizar.

Lebih lanjut, M. Arifuddin Fahmi memaparkan jumlah alumni FT Unizar yang akan mengikuti wisuda ke-72 di Aula Abdurrahim Unizar.

“Jumlah calon wisudawan yang akan diwisuda esok hari (17/12) dari FT Unizar adalah 41 orang. Dari 41 orang tersebut, kami telah melaksanakan yudisium pada tanggal 31 Agustus 2022 dan 14 November 2022. Pada kesempatan ini juga saya ingin menyampaikan kepada para orang tua yang hadir bahwa Unizar berdiri pada tanggal 10 Mei 1981 dan memiliki Fakultas Teknik yang pertama di NTB. Jurusan yang pertama adalah jurusan teknik sipil, terdaftar tanggal 18 Agustus 1984. Saat ini sudah terakreditasi Baik Sekali,” ungkapnya.

Beliau juga menambahkan bahwa jumlah mahasiswa aktif di FT Unizar saat ini, yakni 459 mahasiswa Teknik Sipil dan Ilmu Komputer. Jumlah alumni hingga saat ini adalah 2.653 orang. Jumlah dosen 25 orang, dengan 4 orang doktor. Selain itu, Fakultas Teknik Unizar pun dilengkapi dengan 6 ruang kelas dan 4 laboratorium, yang terdiri dari Laboratorium Struktur, Laboratorium Mekanika Tanah, Laboratorium Bahan, dan Laboratorium Hidrolika. 

Dekan FT Unizar, Haji Lutfi, ST., MT, mengajak seluruh hadirin untuk mengucap syukur kehadirat Allah SWT., sehingga pada malam hari ini bisa hadir mengikuti acara pelepasan alumni FT Unizar tahun akademik 2022/2023. Beliau juga mengungkapkan rasa bangganya kepada para calon wisudawan atas kerja keras dan kesungguhan mereka selama ini menjalani proses pendidikan dan pembelajaran di FT Unizar.

Wakil Dekan I FT Unizar, Ir. M. Arifuddin Fahmi, MT. (kiri), saat mendampingi Dekan FT Unizar, Haji Lutfi, ST., MT. (dua dari kiri) mengalungkan selempang penghargaan kepada salah satu alumni terbaik FT Unizar, dalam acara Pelepasan dan Serah Terima Alumni FT Unizar, pada Jumat (16/12)

“Saya sebagai Dekan FT merasa bangga akan prestasi yang kalian capai. Ujian dan tantangan telah kalian lewati, sehingga menjadikan kalian lebih dewasa dalam berpikir dan bertindak. Prestasi yang membanggakan ini tentu berkat kerja keras dan kesungguhan dalam proses pembelajaran di kampus yang kita cintai ini. Oleh sebab itu, kami menyampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada semua pihak yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik. Kami juga mengajak semua pihak untuk terus meningkatkan kualitas yang lebih baik lagi,” ujar Haji Lutfi.

Beliau juga berharap kepada para alumni FT agar terus belajar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan mengukir prestasi serta menjaga nama baik masing-masing. Nama baik pribadi itu juga yang tentunya akan mengharumkan nama baik almamater dan keluarga.

Selain sambutan dari Dekan dan Wakil Dekan I FT Unizar, sambutan juga datang dari perwakilan orang tua/wali alumni FT Unizar, yakni Raen Juwito.

“Mari kita kirimkan al-fatihah untuk Bapak/Ibu dosen yang telah membimbing anak-anak kita. Semoga semuanya mendapatkan limpahan rahmat dari Allah dan mendapatkan pahala yang besar karena telah memberikan ilmu yang bermanfaat bagi putra-putri kita,” buka Raen.

Beliau melanjutkan, “Sebenarnya kami sedikit berat menerima putra-putri kami ini karena ilmu yang ada masih sangat sedikit sekali. Mereka masih harus banyak menimba ilmu. Tapi kalau kelamaan, nanti ketuaan. Jadi, ya sudah, kami terima dan akan membimbing. Mudah-mudahan ilmu yang diberikan oleh Bapak/Ibu dosen menjadi bekal bagi putra-putri kami, sehingga bisa sukses untuk keluarga, Bangsa, dan agama, berkiprah di Nasional dan Internasional,” yang disambut gelak tawa dan tepuk tangan hadirin.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada 10 (sepuluh) alumni FT Unizar dengan IPK terbaik yang didampingi oleh orang tua/wali masing-masing. Kesepuluh alumni tersebut adalah Ahmad Yusron Hadi, Kasrah Muhawalah, Warni, Endi Suhaidi, Reni, Muhammad Akabar Jayadi, M. Sayid Qadarullah, Sofian Sauri, Yazid Rahman, dan Nabilla Khuamira Trisna. (Adi Prayuda/Humas)

Berita Terkait