email : info@unizar.ac.id

Memasuki Tahun 2023, Unizar dan Inside Lombok Siapkan Berbagai Agenda Kolaboratif

UNIZAR NEWS, Mataram – Memasuki revolusi industri 5.0, banyak terjadi transformasi dalam berbagai lini industri dan bisnis, begitu juga di ranah pendidikan. Universitas Islam Al-Azhar (Unizar), sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta terbaik di Nusa Tenggara Barat (NTB), tentunya juga tidak tinggal diam dalam rangka beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital ini.

Salah satu langkah strategis yang ditempuh oleh civitas akademika Unizar, khususnya Biro Humas, Kerjasama, dan Alumni, adalah melakukan kolaborasi dengan salah satu media informasi ternama di NTB, yakni Inside Lombok, yang bernaung di bawah PT. Lombok Media Utama.

Inside Lombok merupakan perusahaan media independen berbasis media sosial yang menyajikan berita atau informasi di Pulau Lombok dan sekitarnya. Dengan jumlah follower Instagram lebih dari 382.000 akun, perusahaan yang baru berusia 6 (enam) tahun ini bisa dikatakan pertumbuhan bisnisnya sangat progresif. Oleh sebab itu, civitas akademika Unizar menggandeng pihak Inside Lombok untuk bekerja dan berkarya bersama-sama dalam rangka menghasilkan berbagai agenda kolaboratif yang diharapkan mampu menguatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Adapun agenda-agenda tersebut mulai bisa diterapkan di awal tahun 2023 yang tinggal menghitung hari ini.

Secara resmi, MoU (Memorandum of Understanding) ditandatangani oleh kedua belah pihak, pada hari Kamis (29/12), di ruang rapat Rektor Unizar. Hadir pada kesempatan tersebut antara lain Rektor Unizar, Wakil Rektor III Unizar, Kabiro Humas, Kerjasama, dan Alumni Unizar, Kabag Kerjasama Unizar, Staf Humas Unizar, Direktur PT. Lombok Media Utama, dan staf marketing Inside Lombok. Unizar menjadi kampus pertama yang bekerja sama secara resmi dengan media Inside Lombok.

Rektor Unizar, Dr. Ir. Muh. Ansyar, MP. (lima dari kiri) berfoto bersama Direktur PT. Lombok Media Utama, I Gde Yogi Mahatma (empat dari kanan), di depan Gedung Rektorat Unizar, seusai menandatangani MoU, pada Kamis (29/12)

Dalam sambutannya, Rektor Unizar berharap kedua belah pihak bisa menghasilkan agenda-agenda yang saling menguntungkan. Beliau juga mengingatkan adanya kurikulum Merdeka Belajar yang memungkinkan mahasiswa belajar selama tiga semester di luar kampus.

“Ada program yang namanya Merdeka Belajar. Program ini memungkinkan mahasiswa belajar di kampus lain atau magang di berbagai tempat selama tiga semester. Kami memiliki belasan mahasiswa yang saat ini sedang kuliah di luar NTB. Harapannya, mahasiswa kami juga nantinya bisa magang di kantor Inside Lombok,” ujar Rektor.

Menanggapi hal tersebut, Direktur PT. Lombok Media Utama, I Gde Yogi Mahatma, menyambut baik harapan Rektor tersebut. Beliau juga mengungkapkan rasa syukurnya karena telah diterima di kampus Unizar.

“Terima kasih karena sudah menerima kami di kampus Unizar. Saya lahir dan besar di Babakan. Jalan di depan kampus ini adalah jalur sepeda saya, sebelum akhirnya saya pindah ke Mataram. Jadi, kampus ini memiliki ikatan emosional dengan saya. Terkait publikasi dan promosi, kami akan bantu. Begitu juga dengan magang. Yang lebih penting tentunya seberapa sering nantinya kita bertemu, tidak hanya di kampus, tapi juga di tempat yang santai. Silakan nanti bila ingin berkunjung ke kantor kami di Kekalik,” ajak Yogi.

Baiq Laksmi Lestari, selaku staf marketing Inside Lombok menambahkan bahwa pihaknya siap memfasilitasi terkait kebutuhan narasumber untuk public speaking, content creator, dan copywriting bila diadakan pelatihan atau workshop di kampus Unizar. (Adi Prayuda/Humas)

Berita Terkait