email : info@unizar.ac.id

Inovasi Minuman Serbuk Herbal Maiq Tulen: Pelatihan dan Kolaborasi Menuju Ekonomi Desa Peresak yang Lebih Baik

UNIZAR NEWS, Lombok Barat – Menjadi bagian dari upaya berkelanjutan dalam mengembangkan produk lokal yang bernilai, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Islam Al-Azhar (Unizar) telah menggelar “Pelatihan Pembuatan Minuman Serbuk sebagai Inovasi untuk Produk Minuman Herbal Maiq Tulen”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 24 Agustus 2023, di Desa Peresak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh berbagai pihak yang memiliki peran penting dalam pengembangan produk dan ekonomi lokal. Tim Pengabdian Masyarakat dari FMIPA Unizar yang terdiri dari dosen-dosen berpengalaman menjadi motor penggerak acara ini. Ketua tim, Rosalina Edy Swandayani, S.Si, M.Si, beserta anggota tim: Meilinda Pahriana Sulastri, M.Sc dan Mimi Cahayani, M.E, telah bekerja keras untuk memastikan kesuksesan kegiatan ini.

Ketua Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Unizar, Dr. Alvin Juniawan, M.Si, juga hadir untuk memberikan arahan dan dukungan. Selain itu, perwakilan dosen dari Program Studi Biologi serta mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Biologi FMIPA Unizar turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Kegembiraan juga dirasakan oleh Kelompok Tani Pade Angen yang terpilih sebagai mitra dalam kegiatan ini. Kolaborasi yang terus diperkuat antara Unizar dan kelompok tani ini diharapkan memiliki dampak positif dalam peningkatan ekonomi masyarakat Desa Peresak.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh ketua tim, dikatakan bahwa tim pengabdian sangat bersyukur atas hibah yang diterima dari Kemendikbud Ristek serta menjelaskan tujuan utama kegiatan pada siang hari ini.

Alhamdulillah, tim kami kembali memperoleh hibah dari Kemendikbud Ristek dan lagi-lagi Kelompok Tani Pade Angen terpilih menjadi mitra kami. Tentu saja ini menjadi jalan untuk terus kita bekerjasama dan bersilaturahmi ke depan, sehingga tujuan utama kita yaitu meningkatkan ekonomi masyarakat di Desa Peresak Kecamatan Narmada ini bisa tercapai. Kali ini kita akan melakukan inovasi terhadap Minuman Herbal Maiq Tulen yang sebelumnya kita buat dalam bentuk rempah kering, akan kita inovasikan menjadi minuman serbuk yang praktis dengan 3 varian, yaitu untuk pegal linu, stamina, dan kewanitaan. Hal ini tentu sangat akan diminati¬† di pasaran,” ujar Rosalina Edy Swandayani, S.Si, M.Si,

Perwakilan dari kelompok tani juga menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan yang berkelanjutan dari Unizar dan Kemendikbud Ristek. Mereka mengakui bahwa bantuan dalam berbagai bentuk seperti alat-alat penunjang, pelatihan, dan pendampingan telah berkontribusi signifikan dalam perkembangan produk mereka.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Tim Pengabdian Unizar dan Kemendikbud Ristek atas pendampingan yang terus-menerus diberikan kepada kami. Kami sangat berterimakasih atas berbagai support yang diberikan kepada kami, baik berupa alat-alat penunjang kegiatan, pelatihan, pendampingan. Terima kasih sekali lagi, semoga kerja sama ini terus berlanjut,” ungkap Plt. Ketua Kelompok Tani Pade Angen, Fuad Isnaini, S. Pd.

Dalam acara ini, terdapat tiga poin utama yang menjadi fokus pelatihan dan kolaborasi. Pertama, sosialisasi manfaat tanaman pekarangan sebagai bahan minuman. Sosialisasi ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang manfaat tanaman pekarangan yang digunakan sebagai bahan utama dalam minuman herbal Maiq Tulen. Kedua, pelatihan pembuatan minuman serbuk. Bagian ini merupakan inti dari kegiatan, dimana peserta diberikan panduan dan keterampilan dalam proses pembuatan minuman serbuk. Teknik-teknik pengolahan yang tepat serta pengetahuan tentang kombinasi bahan yang benar menjadi fokus utama dalam pelatihan ini. Ketiga, pelatihan pengemasan produk. Setelah minuman serbuk herbal berhasil dihasilkan, pengemasan yang baik menjadi hal penting agar produk tetap segar dan menarik bagi konsumen.

Mengingat pentingnya kolaborasi lintas sektor dalam mengembangkan ekonomi lokal, kegiatan ini tidak hanya berfokus pada pelatihan teknis, tetapi juga membangun jaringan yang kuat antara Universitas, Kelompok Tani, dan masyarakat desa.

Pelatihan pembuatan minuman serbuk sebagai upaya inovasi produk minuman herbal Maiq Tulen menjadi contoh konkret bagaimana civitas Universitas Islam Al-Azhar berperan serta dalam pengembangan ekonomi dan inovasi produk lokal. Dengan dukungan yang berkelanjutan, diharapkan kerja sama ini dapat terus berkembang dan memberikan dampak positif yang lebih besar bagi masyarakat Desa Peresak dan sekitarnya. (*)