Program Studi (Prodi) Teknik Sipil UNIZAR merupakan salah satu program studi yang pertama kali diselenggarakan ketika Universitas Islam Al-Azhar Mataram didirikan pada tahun 1981. Penyelenggaraan program studi ini dimulai pada bulan 10 Mei 1981, dan memperoleh status TERDAFTAR dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tanggal 18 Agustus 1984, dengan SK Nomor 0378/0/1984. Dan terakreditasi C Nomor : 029//BAN-PT/Ak-XI/S1/XI/2008, Tanggal 13 Nopember 2008. Program Studi Teknik Sipil merupakan program pendidikan yang menghasilkan Serjana Teknik (ST) dalam bidang Bangunan sipil yang menguasai kemampuan hard skill untuk melaksanakan pekerjaan kontruksi dan perencanaan, serta menguasai kemampuan soft skill untuk melaksanakan pekerjaan manajerial di lingkungan kerja. Lulusan Program Studi Teknik Sipil juga siapkan mampu mengikuti perkembangan pengetahuan dan teknologi di bidang keahliannya.
Program Studi Teknik Sipil (S1)
Visi: Menjadi penyelenggara pendidikan teknik sipil terkemuka yang mampu menghasilkan lulusan yang cerdas, berilmu dan beriman.
Misi:
Menyelenggarakan dan meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran di bidang teknik sipil yang sesuai dengan kebutuhan stakeholder;
Menyelenggarakan penelitian di bidang teknik sipil dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas serta mengaplikasikannya bagi kepentingan masyarakat dan IPTEKS;
Mengembangkan lulusan yang profesional di bidang teknik sipil, bermoral dan islami;
Meningkatkan kualifikasi dan kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan;
Menumbuhkan suasana lingkungan belajar yang kondusif dan berkualitas untuk mengembangkan kapasitas pembelajaran yang inovatif dan proaktif;
Mengembangkan kemitraan dengan berbagai pihak untuk penerapan dan pengembangan di bidang ketekniksipilan.
Tujuan:
Mewujudkan Prodi Teknik Sipil yang terkemuka;
Menghasilkan penelitian yang mampu diterapkan dalam pengembangan masyarakat, serta menghasilkan karya pengabdian masyarakat yang dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat;
Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik yang tinggi serta keterampilan dalam mengaplikasikannya dengan didukung oleh kepribadian yang luhur;
Menghasilkan lingkungan belajar yang nyaman, tenteram, asri, serta damai untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar;
Terbentuknya kerjasama yang kuat dan terpercaya dengan berbagai pihak yang mendukung pada ketersediaan sumber daya internal dan peningkatan kompetensi lulusan.