email : mail@unizar.ac.id

UNIZAR Undang Narsum dari UGM: Gelar Sharing Session Strategi Meraih Akreditasi Unggul

Vogy Gautama Buanaputra, S.E., M.Sc., Ph.D., AFHEA saat memaparkan materinya tentang Strategi Meraih Akreditasi Unggul di Aula Abdurrahim UNIZAR, pada Selasa (23/07/24)

UNIZAR NEWS, Mataram – Universitas Islam Al-Azhar (UNIZAR) menyelenggarakan acara Sharing Session Strategi Meraih Akreditasi Unggul yang diadakan di Aula Abdurrahim UNIZAR, pada Selasa pagi (23/07/24). Acara ini bertujuan untuk mempersiapkan program studi di UNIZAR agar dapat mencapai akreditasi unggul. Acara tersebut menghadirkan narasumber ahli, Vogy Gautama Buanaputra, S.E., M.Sc., Ph.D., AFHEA, Ketua Program Studi Sarjana Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada.

Acara ini dihadiri oleh tokoh-tokoh penting UNIZAR, termasuk Ketua Senat Akademik UNIZAR, Rektor UNIZAR, Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, Wakil Rektor IV, Kepala Badan Penjaminan Mutu (BPM) beserta jajaran, dan para Kepala Biro di lingkungan UNIZAR. Selain itu, Dekan dan para dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Agama Islam (FAI) UNIZAR pun turut hadir.

Dalam sambutannya, Rektor UNIZAR, Dr. Ir. Muh. Ansyar, MP., menyampaikan bahwa UNIZAR memiliki empat program studi yang akreditasinya dilakukan oleh LAMEMBA (Lembaga Akreditasi Mandiri Program Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, red), yaitu Program Studi Ekonomi Syariah, Manajemen Bisnis Syariah, Ekonomi Pembangunan, dan Akuntansi. Program studi Ekonomi Pembangunan dan Akuntansi telah berhasil meraih akreditasi Baik Sekali. “Semua program studi ini nantinya kita harapkan berada pada akreditasi yang unggul, namun tentu saja harus melewati tahapan-tahapan tertentu,” ungkapnya.

Narasumber dan seluruh peserta acara Sharing Session Strategi Meraih Akreditasi Unggul berfoto bersama di Aula Abdurrahim, pada Selasa (23/07/24)

Rektor juga menambahkan bahwa dua program studi yang siap menuju akreditasi unggul adalah Program Studi Ekonomi Pembangunan dan Program Studi Akuntansi. “Program Studi Akuntansi baru saja meraih akreditasi Baik Sekali, dan kami siap untuk naik kelas,” ujarnya. Beliau mengucapkan terima kasih kepada narasumber atas waktu dan kesediaannya berbagi ilmu kepada sivitas akademika UNIZAR, khususnya para dosen FEB dan FAI.

Dalam penyampaian materinya, Vogy Gautama Buanaputra menekankan pentingnya memenuhi indikator-indikator yang ada pada sembilan kriteria akreditasi. Beliau juga menjelaskan bahwa untuk meraih akreditasi unggul, program studi harus memahami tema besar dari LAMEMBA, yaitu internasionalisasi. Beberapa indikatornya adalah penyelenggaraan konferensi internasional mahasiswa, publikasi jurnal penelitian dosen, dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) internasional terpublikasi.

Vogy menegaskan bahwa roadmap penelitian harus relevan dengan visi dan misi fakultas serta didasarkan pada rencana strategis fakultas. “Rata-rata sitasi jurnal penelitian dosen pun harus mencapai 10 selama 3 tahun terakhir,” tambahnya.

Acara berlangsung lancar hingga siang hari dan berhasil menambah wawasan para peserta yang hadir. Semua peserta tampak bersemangat dalam menyimak dan bertanya untuk meningkatkan kualitas diri dan mempersiapkan program studi mereka menuju akreditasi unggul. Sharing session ini menjadi langkah penting bagi UNIZAR dalam mencapai visi untuk menjadi institusi pendidikan yang unggul dan berkualitas berdasarkan nilai Islam Rahmatan Lil Alamin.

Dengan adanya acara ini, diharapkan program studi di UNIZAR dapat semakin siap dan termotivasi untuk mencapai akreditasi unggul, membawa nama baik universitas ke kancah nasional dan internasional. (Asmadi/Humas)