email : mail@unizar.ac.id

Closing Ceremony BEGIBUNG 2024, Dekan Beri Apresiasi Kepada Mahasiswa Baru FK UNIZAR

Fun walk yang dibuka oleh Wakil Dekan 1 Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan FK UNIZAR, pada Jumat (13/09/24)

UNIZAR NEWS, Mataram – Pada Jumat, 13 September 2024, Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar (FK UNIZAR) sukses menggelar penutupan rangkaian kegiatan penyambutan mahasiswa baru melalui acara “BEGIBUNG 2024.” Acara tahunan ini bertujuan membentuk karakter mahasiswa baru FK UNIZAR, dengan fokus pada pengembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang komprehensif.

BEGIBUNG 2024 dimulai dengan fun walk yang melibatkan seluruh sivitas akademika FK UNIZAR. Kegiatan dilanjutkan dengan performing arts oleh mahasiswa baru, yang menjadi salah satu momen paling dinantikan. Sepuluh kelompok mahasiswa angkatan 2024 menunjukkan bakat mereka dalam seni, yang berhasil memukau para penonton, termasuk Dekan FK UNIZAR, Prof. dr. Rosdiana Natzir, Ph.D, Sp.Biok, yang turut hadir sebagai juri bersama dr. Hj. Suci Nirmala, M.Biomed (AAM) dan dr. Ida Ayu Made Mahayani, M.Biomed.

Prof. Rosdiana, yang baru dilantik pada 11 September 2024, menggantikan dr. Mutiara Budi Azhar, SU, M.Med.Sc, menyampaikan kebanggaannya terhadap mahasiswa baru. “Saya sangat bangga dan senang menyaksikan anak-anakku, mahasiswa baru angkatan 2024, yang menampilkan keahlian dan performa terbaiknya dalam sesi performing arts ini. Banyak potensi mahasiswa yang bisa dikembangkan saat studi di FK UNIZAR,” ungkapnya.

Dekan FK UNIZAR, Prof. dr. Rosdiana Natzir, Ph.D, Sp.Biok, memberikan sambutan saat closing ceremony BEGIBUNG 2024

Selain sesi hiburan, rangkaian BEGIBUNG mencakup pengenalan fakultas dan program studi, dimana dr. Nisia Putri Rinayu, M.Kes memberikan penjelasan tentang struktur pendidikan di FK UNIZAR. Manajer Pendidikan FK UNIZAR, dr. Ronanarasafa, MHPE, FFRI, juga turut memberikan materi terkait proses pendidikan yang harus ditempuh oleh mahasiswa baru. Mereka juga dibekali dengan materi tentang transformasi mindset dari siswa menjadi mahasiswa, serta diperkenalkan dengan berbagai kegiatan kemahasiswaan seperti BEM, DPM, dan UKM, dan talkshow inspirasi dari mahasiswa berprestasi.

Kegiatan ini juga menonjolkan materi-materi penting seperti team building, simulasi metode pembelajaran, serta sharing session mengenai karir dan kewirausahaan di dunia kedokteran. Salah satu sesi yang sangat menarik perhatian mahasiswa baru adalah materi bertema Generasi Sehat, Pariwisata Sehat yang disampaikan oleh Dr. dr. Lalu Hamzi Fikri, MARS, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB.

BEGIBUNG merupakan salah satu agenda penting di FK UNIZAR yang dikemas secara menarik, dengan berbagai permainan dan sesi interaktif untuk membuat proses adaptasi lebih menyenangkan. Prof. Rosdiana dalam sambutannya di penutupan acara menekankan pentingnya belajar sepanjang hayat bagi mahasiswa kedokteran. 

Tarian nusantara yang ditampilkan oleh mahasiswa baru angkatan 2024 saat performing arts

“Mahasiswa kedokteran harus terus belajar, long life learning, dan bersungguh-sungguh agar bisa menyelesaikan studi tepat waktu. Saya sangat berterima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras menyelenggarakan acara ini dengan baik, dan saya bangga dengan antusiasme mahasiswa baru yang begitu besar selama lima hari kegiatan.”

Penutupan BEGIBUNG 2024 ditandai dengan pemutaran video perjalanan FK UNIZAR serta kompilasi kegiatan BEGIBUNG, yang diakhiri dengan sesi foto bersama. Sebagai penutup, Prof. Rosdiana menambahkan, “Sampai jumpa di BEGIBUNG 2025.”

Dengan berakhirnya BEGIBUNG 2024, para mahasiswa baru FK UNIZAR tidak hanya mendapat gambaran lengkap tentang perjalanan pendidikan mereka, tetapi juga merasakan kebersamaan dan semangat kekeluargaan yang kuat di FK UNIZAR. (Asmadi/Humas)