UNIZAR NEWS, Mataram – Pada hari Senin dan Selasa, tanggal 8 dan 9 Mei 2023, sebuah audit internal dilaksanakan di Biro Humas, Kerja Sama, dan Alumni Universitas Islam Al-Azhar (Unizar). Audit ini dipimpin oleh Kepala Bagian Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) Unizar, Laili Hurriati, SE., ME., beserta seorang anggota yang merupakan Sekretaris Badan Penjaminan Mutu (BPM) Unizar, Baiq Diah Fitasari, S.Si., M.Sc.
Audit Mutu Internal (AMI) ini dilaksanakan dalam dua tahap. Pada tahap pertama, Senin, 8 Mei 2023, audit berlangsung di ruang Biro Humas, Kerja Sama, dan Alumni Unizar. Tim auditor melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap dokumen, prosedur, dan kegiatan yang telah dilakukan oleh pimpinan dan seluruh staf di Biro Humas, Kerja Sama, dan Alumni Unizar. Tujuan utama dari audit ini adalah untuk mengevaluasi kinerja Biro Humas, Kerja Sama, dan Alumni, mengidentifikasi potensi perbaikan yang dapat dilakukan, dan mengapresiasi prestasi yang telah diraih.
Setelah proses audit yang intensif di tahap pertama, proses dilanjutkan ke tahap kedua, pada tanggal 9 Mei 2023, yakni pembacaan temuan yang dilaksanakan di ruang rapat GA8 Gedung Rektorat Unizar pada pukul 09.30 Wita. Hasil dari audit tersebut disampaikan kepada para pihak yang hadir, termasuk Wakil Rektor III Unizar: Fathurrahman, SE., M.Ak.; Kepala Biro Humas, Kerja Sama, dan Alumni Unizar: Dr. Ary Wahyudi, SH., MH.; Kabag Kerja Sama Unizar: M. Habibullah Aminy, SE., M.E.K.; Ketua Pusat Lembaga Pengembangan Karir dan Alumni: Sukri, SH; Staf Humas: Rini Anjani, S.Pd; Staf Publikasi: Adi Prayuda, S.Si., M.SM; Staf Pusat Lembaga Pengembangan Karir dan Alumni: Marhamah, S.Pd; dan Staf BPM: Riska Susilaningsih, SH.
Ditemukan beberapa temuan observasi (OB) dan temuan ketidaksesuaian (KTS). Kedua kategori temuan ini memerlukan rencana tindak lanjut beserta dengan tenggat waktunya. Pimpinan dan seluruh staf Humas, Kerja Sama, dan Alumni berkomitmen penuh untuk melaksanakan budaya mutu dengan melakukan perbaikan terhadap temuan hasil audit. Beberapa diantaranya adalah melakukan tabulasi untuk pelaporan kegiatan tracer study, bekerjasama dengan perguruan tinggi lain untuk melaksanakan kegiatan pengadaan bursa kerja/job fair untuk mempertemukan pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja secara online dan offline, membuat mekanisme pelaporan survey kepuasan pengguna lulusan, dan membuat formulir monev kegiatan publikasi.
Dalam pembacaan temuan tersebut, ditemukan juga 3 (tiga) temuan positif dari Biro Humas, Kerja Sama, dan Alumni Unizar yang patut diapresiasi. Pertama, Unizar memperoleh penghargaan dari LLDikti (Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi) Wilayah VIII sebagai Peguruan Tinggi dengan Kerja Sama Internasional Terbaik, Perguruan Tinggi dengan Kerja Sama dengan Industri Terbaik dan Pengelolaan Laporan Kerja Sama (Lapkerma) Terbaik Tahun 2022. Kedua, Matriks BAN-PT Poin 12 tentang Kerja Sama Perguruan Tinggi di bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat dalam 3 tahun terakhir memiliki skor 4. Ketiga, Unizar dinobatkan sebagai Perguruan Tinggi Swasta dengan Media Sosial Terbaik Tahun 2022.
Dengan adanya audit ini, diharapkan Unizar dapat terus memperbaiki dan meningkatkan kinerja Biro Humas, Kerja Sama, dan Alumni. Temuan dan evaluasi prestasi yang diungkapkan melalui audit ini dapat menjadi dasar untuk mengoptimalkan peran biro dalam mendukung pengembangan Universitas dan memperkuat jaringan kerja sama dan alumni. (*)