email : mail@unizar.ac.id

Dosen FT UNIZAR Gelar FGD Pengabdian Kemitraan di Dusun Mertak Wire

Dosen dan Mahasiswa FT UNIZAR yang tergabung dalam Program Pengabdian Kemitraan di Dusun Mertak Wire berfoto bersama dengan Pengurus Takmir Masjid Nurul Ibad

UNIZAR NEWS, Lombok Tengah – Dalam rangka mengimplementasikan salah satu aspek Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat, dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik (FT),¬†khususnya pada Program Studi Teknik Sipil, Universitas Islam Al-Azhar (UNIZAR), mengadakan Focus Group Discussion (FGD) I Pengabdian Kemitraan di Dusun Mertak Wire, Desa Barabali, Kecamatan Batukliang, Kabupaten Lombok Tengah. Acara ini berlangsung pada hari Jum’at, 5 Juli 2024, pukul 14.00 WITA hingga selesai.

Acara diawali dengan pelaksanaan sholat Jumat bersama yang dipimpin oleh Ust. Sahwan, M.PdI, yang bertindak sebagai khotib. Seusai sholat Jumat, acara dilanjutkan dengan FGD yang melibatkan dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik UNIZAR serta pengurus Takmir Masjid Nurul Ibad dan tokoh masyarakat setempat.

FGD I ini bertujuan untuk menyamakan persepsi terkait desain Masjid Nurul Ibad antara pengurus masjid, tokoh agama, dan tokoh masyarakat setempat. Syakirin, ST., MT, Ketua Program Pengabdian Kemitraan, mempresentasikan desain masjid yang direncanakan. Dalam tim ini, Syakirin didampingi oleh Ir. M. Arifuddin Fahmi, MT, Sahwan, M.PdI, serta mahasiswa Fakultas Teknik UNIZAR.

Suasana FGD antara Dosen dan Mahasiswa FT UNIZAR dengan masyarakat setempat di Masjid Nurul Ibad, Dusun Mertak Wire, Lombok Tengah, pada Jumat (05/07/24)

Menurut Syakirin, kegiatan ini merupakan bagian dari pengabdian masyarakat yang didanai oleh hibah internal UNIZAR. “Kami berharap melalui FGD ini, kita bisa mendapatkan masukan yang konstruktif dari masyarakat agar desain masjid yang direncanakan benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan warga,” ujarnya.

Pengurus Takmir Masjid Nurul Ibad dan tokoh masyarakat menyambut baik inisiatif ini dan memberikan berbagai masukan serta saran yang berharga. Mereka berharap bahwa dengan kerja sama yang baik antara akademisi dan masyarakat, pembangunan Masjid Nurul Ibad dapat terlaksana dengan optimal dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Dusun Mertak Wire.

Kegiatan FGD ini merupakan salah satu wujud nyata dari komitmen UNIZAR dalam mengamalkan ilmu yang dimiliki, khususnya di bidang teknik sipil, untuk kemaslahatan masyarakat. Melalui program pengabdian kemitraan seperti ini, diharapkan terjalin hubungan yang harmonis dan produktif antara dunia akademis dan masyarakat, serta terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat. (Asmadi/Humas)