UNIZAR NEWS, Mataram – Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar (UNIZAR) kembali menunjukkan komitmennya dalam peningkatan kualitas pendidikan kedokteran dengan menggelar acara Medical Education Update. Bertempat di Gedung Teater Ahmad Firdaus Sukmono Universitas Islam Al-Azhar, acara yang diselenggarakan pada hari Minggu, 25 Agustus 2024, ini mengangkat tema penting, yaitu “Menyusun Skenario PBL pada Tutorial dan Strategi Pembelajaran SCL pada Kelas Besar.”
Acara yang dimulai pukul 08.30 WITA ini menghadirkan narasumber utama, dr. Umatul Khoiriyah, M.Med.Ed., Ph.D, yang merupakan Kepala Departemen Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII). Dengan keahlian dan pengalaman yang mumpuni, beliau membagikan wawasan mendalam terkait pengembangan skenario Problem-Based Learning (PBL) dan penerapan Student-Centered Learning (SCL) dalam pembelajaran kelas besar.
Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Kedokteran UNIZAR, dr. Mutiara Budi Azhar, SU., M.Med.Sc, menyambut hangat kehadiran dr. Umatul Khoiriyah, M.Med.Ed., Ph.D. Beliau menyampaikan harapan besar agar para dosen dan peserta dapat memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya. “Hari ini kita bersama-sama belajar, terus belajar. Mari kita manfaatkan waktu ini untuk menimba ilmu dari dr. Umatul Khoiriyah yang sangat berkompeten di bidangnya,” ucapnya penuh semangat sebelum membuka acara dengan resmi.
Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah tokoh penting dalam lingkungan UNIZAR, seperti Wakil Rektor IV UNIZAR, Dr. dr. Iing, M.Erg, Ketua Senat Akademik FK UNIZAR, dr. Endro Pranoto, Sp.M, Ketua Komite Etik Penelitian Kedokteran dan Kesehatan, dr. H. Danang Nur Adiwibawa, Sp.KJ, Wakil Dekan I FK UNIZAR, dr. Rohmania Setiarini, M.Sc., Sp.N, serta pejabat lainnya dari Fakultas Kedokteran UNIZAR.
Dalam pemaparannya, dr. Umatul Khoiriyah, M.Med.Ed., Ph.D menjelaskan bahwa salah satu bentuk pembelajaran SCL adalah yaitu problem-based learning. Pembelajaran Berbasis Masalah ini merupakan strategi pembelajaran yang menggerakkan mahasiswa belajar secara aktif memecahkan masalah yang kompleks dalam situasi realistik. Beliau juga menerangkan karakteristik PBL yang meliputi constructive learning, collaborative learning, contextual learning, dan self directed learning.
Medical Education Update kali ini tidak hanya menjadi ajang untuk memperkuat kompetensi para dosen dalam menyusun skenario PBL dan strategi SCL, tetapi juga menjadi kesempatan emas untuk mempererat kolaborasi antaruniversitas, khususnya antara UNIZAR dan UII. Peserta yang hadir, baik secara luring maupun daring, tampak antusias dalam mengikuti setiap sesi yang dipandu dengan apik oleh alumnus Sydney Medical School University ini.
Dengan terselenggaranya acara ini, Fakultas Kedokteran UNIZAR terus menunjukkan dedikasinya dalam mengembangkan metode pembelajaran yang adaptif dan inovatif, guna mencetak lulusan dokter yang kompeten dan siap menghadapi tantangan dunia kesehatan yang semakin kompleks. (Asmadi/Humas)