email : mail@unizar.ac.id

Meningkatkan Kualitas Layanan: BPM UNIZAR Gelar FGD Validasi Instrumen Survey Kepuasan Internal

Suasana FGD BPM UNIZAR di ruang rapat GA8 Gedung Rektorat, pada Senin (18/12).

UNIZAR NEWS, Mataram – Pada Senin, 18 Desember 2023, Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Islam Al-Azhar (UNIZAR) mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka meningkatkan kualitas layanan serta memastikan kepuasan stakeholders internal. Acara FGD yang digelar di Ruang Rapat GA8 ini bertajuk Validasi Instrumen Survey Kepuasan Internal.

Hadir sejumlah tokoh penting dari UNIZAR, diantaranya Rektor, Dr. Ir. Muh. Ansyar, MP.; Wakil Rektor I, Dr. Sri Karyati, SH., MH.; Wakil Rektor II, Siti Ruqqayah, S.Si., M.Sc.; Wakil Rektor III, Fathurrahman, SE., M.Ak.; Kepala BPM, dr. Velia Maya Samodra; dan Sekretaris BPM, Baiq Diah Fitasari, S.Si., M.Sc. Di samping itu, kehadiran dua orang psikolog dan perwakilan dosen juga menjadi bagian penting dalam diskusi yang digelar.

Kepala BPM UNIZAR, dr. Velia Maya Samodra, dalam sambutannya menjelaskan, “Tujuan FGD ini dilaksanakan adalah untuk menyamakan persepsi terkait layanan yang ada di setiap unit di UNIZAR, serta memastikan proses penjaminan mutu yang berkualitas. Survey kepuasan adalah suatu kegiatan untuk mengukur secara komprehensif terhadap tingkat kepuasan stakeholders dalam rangka perwujudan continuous quality improvement yang kredibel dan transparan.”

Diskusi ini melibatkan pemikiran-pemikiran dari berbagai sudut pandang, mulai dari aspek akademis hingga psikologis. Kehadiran para psikolog menjadi aspek kunci untuk memahami tidak hanya kualitas layanan, tetapi juga dampaknya terhadap kepuasan dan kesejahteraan stakeholders internal, termasuk mahasiswa, dosen, dan tendik.

Saat diskusi berlangsung, beragam topik dibahas, termasuk dimensi kepuasan layanan mahasiswa, dimensi kepuasan dosen, dimensi kepuasan tendik, proses penyusunan instrumen, uji validitas, dan beberapa link instrumen. 

Sebagai bagian dari upaya untuk mengukur kepuasan stakeholders internal, FGD ini juga menjadi wadah untuk mendengar langsung aspirasi, harapan, dan masukan dari mereka yang terlibat langsung dalam kehidupan kampus. Feedback yang didapat akan menjadi bahan evaluasi yang berharga bagi BPM UNIZAR dalam mengarahkan langkah-langkah ke depan.

Dari FGD ini, harapan besar tercipta untuk UNIZAR dalam melangkah maju menuju layanan pendidikan yang lebih baik. Langkah konkret dan strategis akan diambil untuk mengimplementasikan berbagai gagasan yang terlahir dari FGD ini. Dengan adanya komitmen dari berbagai pihak yang terlibat, UNIZAR semakin meneguhkan posisinya sebagai lembaga pendidikan yang berkomitmen pada mutu, kualitas, dan kepuasan stakeholders. (Asmadi/Humas)