UNIZAR NEWS, Mataram – Gedung Teater Ahmad Firdaus Sukmono Universitas Islam Al-Azhar (UNIZAR) dipenuhi mahasiswa peserta Workshop Persiapan Karir dengan tema “Pemetaan dan Penguatan Kompetensi Mahasiswa dan Alumni dalam Menghadapi Dunia Kerja dan Pembuatan CV Digital.” Acara yang digelar pada Selasa, 16 Juli 2024 ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dan alumni dalam menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin kompetitif.
Workshop ini menghadirkan dua narasumber yang berpengalaman di bidangnya, yaitu Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNIZAR sekaligus Asisten II Setda Lombok Tengah, H. Lendek Jayadi, SE., MM., dan Business Development Manager TV9 Lombok, Teguh Widyo Endarmo, SM. Kegiatan ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat penting UNIZAR, termasuk Ketua Senat Akademik: Dr. H. Sahar, SH., MM., Rektor: Dr. Ir. Muh. Ansyar, MP., Wakil Rektor I: Dr. Sri Karyati, SH., MH., Sekretaris Badan Penjaminan Mutu (BPM): Baiq Diah Fitasari, S.Si., M.Sc., dan Kepala Biro Humas, Kerja Sama, dan Alumni (HKA): I Putu Septian Adi Prayuda, S.Si., M.SM.
Dalam laporannya, Ketua Panitia yang juga Kepala Biro HKA UNIZAR, I Putu Septian Adi Prayuda, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari agenda Bagian Alumni, Tracer Study, dan Pengembangan Karir UNIZAR. Workshop ini diselenggarakan menjelang waktu wisuda dengan tujuan mempersiapkan mahasiswa dan alumni dalam menghadapi dunia kerja. “Karena acara ini adalah workshop, berarti bukan hanya penyampaian materi, tapi juga dilengkapi dengan praktik langsung membuat CV Digital. Curriculum Vitae bukan hanya tentang identitas diri, tapi juga merekam kemampuan, pengalaman, dan potensi yang dimiliki seseorang,” ungkapnya.
Rektor UNIZAR, Dr. Ir. Muh. Ansyar, MP., dalam sambutannya menekankan pentingnya acara ini di era digital. “Kegiatan ini adalah bagian dari persiapan mahasiswa yang nantinya menjadi alumni untuk menghadapi hal yang baru setelah tamat. Tantangannya sudah lain. Kita dituntut untuk lebih banyak mandiri dalam mempersiapkan masa depan kita. Acara ini penting karena adanya persaingan ketat untuk memperoleh pekerjaan, sehingga mahasiswa harus dibekali pengetahuan dan keterampilan.”
Beliau juga menyoroti munculnya peluang baru di zaman ini. “Ada muncul begitu banyak peluang baru. Oleh karena itu, kami mendatangkan narasumber yang berpengalaman melihat peluang tersebut. Yang tidak kalah pentingnya adalah membekali diri dengan karakter, etika, dan kejujuran. Kepintaran saja tidak cukup, harus ditambah dengan karakter, etika, dan kejujuran. Kalau kita tidak beretika dan jujur, kita tidak akan bertahan lama di dunia kerja,” tambahnya.
H. Lendek Jayadi, SE., MM., dalam pemaparan materinya menekankan pentingnya mengenal kemampuan atau kompetensi diri. “Kompetensi adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap nilai afektif yang terwujud dalam kebiasaan berpikir dan bertindak,” jelasnya. Ia juga menguraikan beberapa faktor yang mempengaruhi kompetensi, seperti keyakinan dan nilai-nilai, keterampilan, pengalaman, karakteristik kepribadian, motivasi, isu emosional, kemampuan intelektual, dan budaya organisasi.
Sementara itu, Teguh Widyo Endarmo, SM., menyampaikan bahwa CV digital menjadi pembeda penting dalam proses rekrutmen. “Bila setiap hari HRD melihat begitu banyak CV, yang mampu membuat perbedaan yang signifikan adalah orang yang membuat CV Digital,” ujarnya. Ia menjelaskan empat langkah penting dalam pembuatan CV digital: menentukan platform dan alat yang tepat, memastikan informasi relevan dan menarik, mengintegrasikan media sosial dan portofolio, serta berbagi pengalaman menarik.
Kegiatan ini berlangsung lancar dan dihadiri hampir seratus mahasiswa dari tujuh fakultas yang ada di UNIZAR. Para mahasiswa diajari praktik langsung membuat CV dalam bentuk video, dimana mereka memperkenalkan diri dan kemampuan yang dimiliki. Mereka juga aktif bertanya, menambah semarak suasana workshop.
Salah satu peserta yang memberi testimoni pada acara ini adalah Presiden Mahasiswa UNIZAR, Dinka Paziro Adipama, “Terima kasih kepada Biro Humas, Kerja Sama, dan Alumni UNIZAR yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, dan saya berharap ada kegiatan job fair bagi para mahasiswa dan calon alumni, sehingga memudahkan dalam mendapatkan informasi kerja.”
Workshop yang merupakan agenda rutin Biro HKA ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru dan keterampilan praktis bagi mahasiswa dan alumni UNIZAR, mempersiapkan mereka lebih baik dalam menghadapi dunia kerja yang terus berkembang. (Asmadi/Humas)